sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Kacamata Anti Sinar Biru Kurangi Minus Mata? Ini Kata Dokter

Angga Laraspati Selasa, 28 Sep 2021 11:17 WIB
New look. Doctor giving the child new glasses for her vision. caption
Jakarta -

Sering merasa mata menjadi kering atau lelah usai seharian menatap gadget? Jangan dulu khawatir Bunda karena hal ini kerap terjadi pada banyak orang.

Pasalnya, layar digital memancarkan sinar biru yang dapat memiliki membuat mata kering atau berair, lelah atau iritasi. Sayangnya, penggunaan komputer, tablet, dan ponsel tak bisa dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Guna mengurangi dampak negatif dari sinar biru, banyak Bunda yang memanfaatkan kacamata anti sinar biru. Bahkan, tak jarang yang juga mengira kacamata anti sinar biru mampu mengurangi minus pada mata. Sayangnya, belum banyak penelitian yang menguji kebenarannya.


Hal ini pun diungkapkan oleh dokter spesialis mata dr. Dian. Menurutnya, hingga saat ini masih belum ada bukti ilmiah tentang efektivitas penggunaan kacamata anti sinar biru terhadap mata minus.

"Sekarang semakin tingginya kecenderungan orang berkacamata di era modern ini pasti semakin banyak juga cara untuk mengatasinya dari bermacam bidang. Mungkin ada yang bikin obat, lewat terapi, atau penggunaan kacamata anti sinar biru. Cuma sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan dapat mengurangi pemakaian kacamata. Jadi, belum ada uji dalam skala besar," katanya.

Meski demikian, dr. Dian mengatakan bahwa penggunaan kacamata anti sinar biru mungkin dapat mengurangi lelah pada mata saat menatap gadget.

"Mungkin bukan mengurangi minus, tapi membuat mata lebih adem atau nyaman. Jadi, nggak terlalu panas kalau melihat layar (gadget). Tapi memang ini lagi banyak berkembang," katanya.

Melansir Healthline, sebuah studi 2017 berjudul 'Blue-Light Filtering Spectacle Lenses: Optical and Clinical Performances' juga melaporkan bahwa kacamata anti sinar biru mengurangi silau dan meningkatkan penglihatan selama melihat layar gadget. Namun, penggunaan gadget tentunya akan lebih baik jika Bunda memberi jeda demi kesehatan mata.

"Jadi, secara general bukan hanya untuk anak, tapi juga dewasa. Seorang manusia itu disarankan untuk melakukan aktivitas screentime tidak ada batasan jumlah jamnya sebenarnya dalam sehari. Tapi setiap 20 menit harus melakukan istirahat mata, dan melihat jauh minimal 20 meter selama 20 detik supaya mata kita ototnya berelaksasi. Hal ini dapat mengurangi kerja dari otot mata sehingga mengurangi kelelahan mata," katanya.

Di samping itu, pemilihan gadget juga menjadi hal terpenting. Salah satunya dengan memilih gadget yang ramah terhadap mata seperti ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.

Asus / Foto: Dok. Asus

Laptop ini memiliki fitur eye care display yang bisa mengurangi keletihan mata Bunda saat melihat layar laptop. ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga dilengkapi dengan fitur low blue light sehingga membuat mata lebih nyaman. Ada pula fitur antiflicker untuk menjaga mata Bunda agar tak tidak mudah lelah atau kering. Bahkan, tampilan layar ASUS OLED juga tidak memiliki radiasi sinar biru yang tinggi karena sudah direduksi hingga 70%, sehingga membuat mata lebih nyaman. Dengan begitu, kesehatan mata Bunda dan keluarga jadi jauh lebih terjaga.

Menariknya lagi, perangkat ini juga dilengkapi dengan prosesor sampai Intel® Core™ i5 generasi ke-11 dengan peningkatan performa yang mumpuni dan luar biasa. Dengan demikian, laptop ini akan sangat mendukung produktivitas dan hiburan untuk Bunda atau Si Kakak, termasuk untuk sekolah online.

ASUS / Foto: Dok. ASUS
(akn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!