sign up SIGN UP search


parenting

Bahaya Balita di Bawah 2 Tahun Main Gadget! Ini Penjelasannya

Eqqi Syahputra Kamis, 30 Sep 2021 13:35 WIB
Bayi main gadget caption
Jakarta -

Di zaman serba digital, kebutuhan akan gadget tentunya makin meningkat. Apalagi kebutuhan hiburan seperti games, musik, dan film dapat mudah diakses melalui gadget. Hiburan-hiburan tersebut juga terkadang diberikan orang tua kepada balita demi membuat Si Kecil tetap tenang.

Namun tahukah Bunda, meski menambah pengetahuan dan kreativitas seperti menonton kartun dan video edukasi, penggunaan gadget pada balita di bawah 2 tahun tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan aktivitas screen time baru bisa dilakukan saat Si Kecil sudah berusia di atas 2 tahun.

Dokter Spesialis Mata, dr. Dian Estu, mengungkapkan bahwa mata manusia juga mengalami tumbuh kembang atau evolusi seperti tinggi badan. Tumbuh kembang tersebut menurutnya terjadi paling cepat di awal usia 2 tahun, termasuk mata.


"Di dalam mata dapat timbul penyakit-penyakit atau kelainan-kelainan. Semua hal maturasi tersebut dapat terjadi pada tumbuh kembang balita saat usia 2 tahun awal, di mana itu tercepat," ujar dr. Dian kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

dr. Dian menambahkan, sama seperti otak Si Kecil yang harus memiliki asupan yang baik di 6 bulan pertama agar tidak mengalami gizi buruk, hal tersebut juga berlaku pada mata. Sehingga, menurutnya dalam tumbuh kembang Si Kecil di awal usia 2 tahun, jangan sampai mata mereka mengalami gangguan yang disebabkan oleh gadget.

"Nah setelah di atas 2 tahun, dia mulai stabil sampai usia 7 tahun, karena di usia 6-7 tahun, mata anak sudah dapat dikatakan seperti mata dewasa," tambah dr. Dian.

Selain itu, dr. Dian menambahkan jika orang dewasa dapat melihat tulisan paling kecil dari jarak yang jauh, maka seorang anak 6-7 tahun juga harus bisa melihat tulisan tersebut. Jika Si Kecil tidak dapat melihat tulisan tersebut, maka ada yang salah di mata mereka yang mungkin disebabkan oleh penggunaan gadget yang terlalu sering di awal usia 2 tahun.

dr. Dian juga menyarankan, sebaiknya Bunda paling lambat membawa Si Kecil berobat mata pada usia 6 tahun. Di negara lain, screening mata pada anak sudah mulai dilakukan semenjak TK atau kisaran 3-4 tahun. Jadi jika dalam screening tersebut sudah terlihat gangguan, Bunda dapat mencegah masalah mata tersebut sedini mungkin.

Tiap mata anak memiliki ketahanan yang berbeda-beda, tergantung faktor apa yang mempengaruhi, salah satunya gadget. Untuk itu, Bunda harus terus menjaga kesehatan mata anak, terutama bagi para Bunda yang memiliki buah hati di bawah 2 tahun.

Namun di era pandemi saat ini, mau tidak mau aktivitas sehari-hari tidak dapat dipisahkan dari gadget, termasuk saat memberikan edukasi secara online, seperti film dokumenter, atau tonton animasi anak di YouTube. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan memberi waktu screen time pada Si Kecil, serta memilah gadget tepat yang memiliki layar proteksi yang dapat melindungi kesehatan mata anak.

ASUS / Foto: Dok. ASUS

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 bisa jadi jawaban bagi Bunda untuk memberikan konsumsi gadget kepada Si Kecil. ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 memiliki eye care display yang membantu untuk mengurangi keletihan mata saat menatap layar.

Selain itu, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 juga memiliki fitur low blue light yang dapat mereduksi sinar layar hingga 70%, sehingga membuat mata lebih nyaman dan juga anti flicker yang membuat mata tidak mudah letih, yang pastinya cocok buat Bunda untuk memberi edukasi Si Kecil lewat gadget. Sebagai informasi, melansir dari Halodoc.com, paparan sinar biru termasuk sinar yang paling berbahaya bagi retina karena bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina, terutama bagi anak di bawah 2 tahun. Pada paparan sinar biru yang berlebih, seseorang mungkin saja mengalami degenerasi makula, glaukoma, penyakit retina degeneratif bahkan kebutaan.

Dari segi performa, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 sudah ditenagai prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-11 yang pastinya dapat mendukung berbagai aktivitas Si Kecil bersama gadget.

ASUS / Foto: Dok. ASUS

Dengan menggunakan Intel® Core™ generasi ke-11, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513 menghadirkan upgrade performa luar biasa untuk mendukung produktivitas dan hiburan Bunda, termasuk membantu tumbuh kembang Si Kecil.

Selain itu, teknologi seperti konektivitas Intel Wi-Fi 6, Thunderbolt 4, 4K HDR, serta desain laptop yang thin and light design juga melengkapi performa ASUS VivoBook Ultra 15 OLED K513.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, laptop terbaru dari ASUS ini pastinya bisa jadi pilihan Bunda untuk Si Kecil agar mereka dapat bermain bersama gadget dengan aman tanpa takut muncul risiko penyakit mata.

(akn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!