sign up SIGN UP search


parenting

Cara agar Si Kakak Nyaman Selama Belajar Online di Rumah

Jihaan Khoirunnisaa Senin, 27 Sep 2021 14:33 WIB
belajar online caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menuntut masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, mulai bekerja, beribadah hingga belajar. Bagi orang dewasa hal tersebut bisa dimengerti. Namun tidak demikian dengan Si Kakak, Bun.

Ia mungkin sudah bosan dan jenuh sekolah online karena tidak berinteraksi dengan teman sekelasnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua menciptakan suasana yang nyaman agar anak lebih semangat menjalani aktivitas belajar di rumah. Nah Bunda bisa mencoba tips berikut untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan bagi Si Kakak dikutip dari beragam sumber.

Buat Ruang Belajar Khusus


Melansir People.com salah satu cara terbaik untuk menciptakan lingkungan belajar terbaik yaitu dengan membuat ruang khusus bagi anak untuk mengikuti sekolah online. Ruangan ini sebaiknya terpisah dari ruang tempat bermain anak. Hal ini dimaksudkan untuk membangun mood belajar Si Kakak, Bun.

Alangkah lebih baik jika ruang belajar ini tertutup, ya. Namun apabila tidak ada ruangan khusus, tidak masalah. Bunda dapat menyediakan pojok belajar untuk anak.  Terpenting usahakan tidak ada banyak barang di sekitarnya.

Meminimalisir Gangguan

Perlu Bunda ingat, anak sejatinya berbeda dari orang dewasa. Ia mungkin tidak bisa 100 persen fokus mengikuti pelajaran di sekolah. Ada kalanya fokus anak jadi teralih. Menurut Edutopia.org jika terganggu maka anak perlu waktu untuk bisa mengembalikan fokus pada aktivitas belajar online.

Nah, untuk mendorong fokus belajar Si Kakak, orang tua dapat mengusahakan agar tidak banyak gangguan di sekitar anak. Misalnya dengan menjauhkan HP, TV, atau hal lainnya yang berpotensi mendistraksi kegiatan belajar online.

Sediakan Meja dan Kursi yang Nyaman

Mengutip Washington Post anak perlu memiliki meja dan kursi yang nyaman untuk mendukung kegiatan sekolah dari rumah. Hal ini mengingat waktu belajar online yang cukup lama dari pagi hingga siang. Sehingga mau tidak mau Si Kakak harus duduk berjam-jam di depan laptop.

Bunda dapat menyediakan meja yang ukurannya sesuai dengan tubuh anak. Tidak hanya tinggi, orang tua juga perlu mempertimbangkan luas meja. Dengan begitu Si Kakak bisa leluasa mengerjakan tugas sekolah. Tidak ketinggalan pilih kursi yang nyaman ya, Bun. Misalnya saja kursi dengan bantalan. Pastikan juga tinggi kursi pas, jadi kaki anak tidak menggantung dan postur tubuhnya tidak membungkuk.

Sediakan Laptop

Selama periode sekolah online, tentu laptop jadi salah satu alat pendukung yang wajib Bunda miliki. Dengan begitu Si Kakak bisa mengikuti pembelajaran daring dari rumah. Sebaiknya pilih laptop dengan spesifikasi mumpuni demi kelancaran aktivitas belajar anak, Bun.

Adapun salah satu laptop yang bisa dijadikan opsi yaitu ASUS. ASUS belum lama ini mengeluarkan produk terbaru, yakni ASUS BR1100F yang diperuntukkan khusus bagi anak sekolah. Desainnya tangguh dan inovatif sehingga awet dan tahan lama. Laptop dibuat sedemikian rupa supaya tahan benturan saat terjatuh dan telah melewati uji military grade MIL-STD-810 H.

Anak-anak juga biasanya ceroboh ya, Bun, misalnya sering menumpahkan air ke meja. Nah Bunda nggak perlu khawatir jika hal ini terjadi. Sebab keyboard ASUS BR1100F diklaim mudah dibersihkan dan dikeringkan saat terkena tumpahan. Jadi, laptop nggak mudah rusak.

Laptop ini juga fleksibel, lho karena dapat diputar 360o menjadi mode tablet. Tampilan layarnya pun serbaguna dengan disertai stylus yang cocok untuk mencatat, menggambar, hingga menandai dokumen, Bun. Selain itu, guna memenuhi kebutuhan kelas online ASUS BR1100F dilengkapi dengan kamera yang canggih. Terdapat 2 kamera beresolusi 13 MP yang berada di atas layar dan di atas keyboard.

Kamera pada keyboard ini dapat memudahkan anak-anak untuk mengambil gambar pada saat kelas online berlangsung. Sehingga pembelajaran dapat terjadi dengan lebih interaktif. Dalam mengikuti pembelajaran daring, Si Kakak juga dapat lebih fokus karena laptop ini dibekali dengan noise cancelling. Fitur ini berfungsi untuk meredam kebisingan yang biasanya terjadi selama presentasi berlangsung.

Soal baterai juga tak perlu diragukan lagi. Kekuatan baterai ASUS BR1100F mampu bertahan bahkan hingga 10 jam pemakaian. Dengan begitu anak tidak perlu repot bolak-balik men-charge laptop selama kegiatan belajar online.

(mul/mul)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!