sign up SIGN UP search


parenting

Biar Nggak Bosan, Simak Tips Belajar Online yang Nyaman

Rabu, 29 Sep 2021 20:03 WIB
ASUS caption
Jakarta -

Situasi pandemi mengharuskan masyarakat, khususnya para pelajar untuk belajar dalam jaringan (daring) dari rumah. Meski memiliki beberapa keuntungan, situasi learn from home (LFH) tak jarang juga membuat anak tidak nyaman.

Kaget dengan situasi menjadi salah satu contohnya. Siswa yang biasanya sehari-hari melakukan pembelajaran hingga bermain bersama teman di sekolah, sekarang harus melakukan semuanya di rumah. Hal tersebut belum termasuk jika siswa juga harus mengikuti kegiatan tambahan yang mereka senangi seperti hobi.

Untuk itu, para pelajar mesti membuat situasi belajar yang nyaman agar pembelajaran tetap produktif tanpa hambatan. Melansir dari Time, berikut hal-hal yang bisa siswa lakukan agar tetap produktif saat belajar.


Lokasi yang Nyaman

Cobalah menemukan lokasi dan tempat yang paling nyaman untuk belajar dan bergerak. Mungkin saja anak tidak berkonsentrasi belajar di ruang tamu karena lokasinya yang berdekatan dengan jalan hingga suara bising kendaraan mengganggu konsentrasi mereka. Temukan juga posisi yang nyaman untuk mereka, karena dalam situasi WFH, mereka yang masih aktif bergerak tentu dapat memanfaatkan hal ini seperti sambil bersandar, hingga sambil tiduran.

Cari Teman

Untuk membantu mengisi kesenjangan bersosialisasi saat kelas online, sangat dianjurkan bagi pelajar untuk memiliki teman mengobrol, atau hanya sekadar teman menemani. Tidak ada salahnya juga saat waktu senggang berikan anak kesempatan untuk menelpon teman-teman mereka untuk melepas penat dari belajar.

Atur Waktu

Meskipun di rumah, siswa harus tetap menyusun rencana pekerjaan mereka seperti biasanya. Karena saat menghadapi situasi baru, siswa akan cenderung memiliki struktur jadwal yang baru pula. Rencana ini bukan hanya sekadar rencana belajar, namun juga rencana kapan siswa harus melakukan kegiatan lain hingga istirahat dari pembelajaran.

Berkomunikasi dengan Baik Secara Online

Komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam belajar. Selain tujuan pembelajaran, komunikasi yang baik juga bertujuan untuk tetap menjaga hubungan baik antara anak dengan teman sebayanya, maupun dengan guru. Hal ini jelas mencakup komunikasi lewat e-mail, chatting, menggunakan gadget yang mumpuni.

ASUS BR1100F bisa jadi laptop pilihan untuk para pelajar. Laptop ini dibekali dengan desain yang tangguh dan inovatif, yang pastinya akan membuat para pelajar nyaman saat belajar. Laptop ini juga dirancang tahan benturan dan telah melewati uji military grade MIL-STD-810 H. Jadi, jika laptop terjatuh, kamu tidak perlu khawatir ganti laptop karena awet dan tahan lama.

Suka ceroboh menumpahkan air? Tenang saja, keyboard ASUS BR1100F diklaim mudah dibersihkan dan dikeringkan saat terkena tumpahan.

Laptop ini juga fleksibel karena dapat diputar 360° menjadi mode tablet. Hal ini jelas memudahkan pelajar menyesuaikan bentuk laptop sesuai dengan kebutuhan dan posisi belajar. Tampilan layarnya juga multifungsi karena sudah disertai dengan stylus untuk mencatat, menggambar, hingga menandai dokumen.

ASUS BR1100F juga sudah dilengkapi dengan 2 kamera beresolusi 13 MP yang berada di atas layar dan di atas keyboard yang cukup baik untuk melakukan video call atau belajar online.

Kamera yang berada di atas keyboard juga memudahkan siswa untuk mengambil gambar pada saat kelas online berlangsung. Fitur noise cancelling juga dapat membantu siswa untuk meredam kebisingan yang terjadi selama presentasi kelas dan proses pembelajaran.

Soal baterai juga tak perlu diragukan lagi. Kekuatan baterai ASUS BR1100F mampu bertahan hingga 10 jam pemakaian. Alhasil, siswa tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat kelas online berlangsung.

(ads)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!