sign up SIGN UP search


parenting

5 Ciri-Ciri Pengidap Pedofil dan Tipe Anak yang Menjadi Sasaran Empuk Baginya

Tim HaiBunda Minggu, 03 Oct 2021 12:15 WIB
tolong jangan dipakai dulu. silakan dipakai setelah 7 april 2017 caption
Jakarta -

Pedofil bukan sebuah hal yang bisa Bunda kecilkan. Mereka bisa menjadikan anak sebagai sumber pelampiasan hasrat seksual. Maka itu segera waspada jika ada mereka yang menampakkan ciri pedofil sebagai berikut.

Namun, pertama-tama, yang perlu para Bunda ketahui adalah pengertian dari kata pedofil itu sendiri. Pedofil/paedofil adalah istilah yang ditujukan untuk seseorang yang mengalami gangguan seksual. Di mana pelakunya memiliki ketertarikan seksual sendiri kepada anak di bawah umur, biasanya sebelum masuk usia puber.


Ciri-Ciri Pedofil

  1. Sering mencari alasan untuk dapat menyendiri dan berdua saja dengan si anak
  2. Sering berusaha terlalu mengakrabkan diri dengan anak kecil
  3. Sering mengajak anak kecil jalan-jalan dan hanya berdua saja
  4. Senang melihat dan memperhatikan anak kecil yang disukai
  5. Berusaha ingin menyentuh anggota tubuh si anak, biasanya dimulai dari area yang tidak privat, contohnya merangkul

Perilaku pedofil

Perilaku ini biasanya bermula saat remaja. Para pelaku mulai merasakan fantasi dan dorongan seksual kepada anak kecil dengan rentang usia di bawah 14 tahun atau mereka yang belum puber. Umumnya korban pedofil adalah anak kecil yang berada di lingkungan terdekatnya, bisa jadi anak saudara, anak tetangga, terbejat adalah anak sendiri.


Berbeda dengan kekerasan seksual pada anak, para pelaku pedofilia ini memiliki cara yang lebih halus dalam menyalurkan keinginannya. Para pedofil umumnya akan mengajak si anak berjalan-jalan, memberinya sesuatu sebagai hadiah dan iming-iming.

Ketika sudah merasa dekat, barulah para pelaku pedofilia ini melancarkan aksinya. Pada tahap ini, si anak kecil sudah merasa sungkan bahkan takut untuk menolak keinginan si pedofil.

Korban yang kerap kali menjadi sasaran empuk bagi para pedofilia, adalah anak-anak yang kesepian, kurang perhatian orang tua, serta anak yang tertekan dengan keadaan di sekitarnya. Anak kecil yang menjadi korban bisa saja merasa frustasi, terisolasi, gangguan kecemasan, bahkan depresi.

Penyebab Pedofil

Untuk penyebab seseorang bisa menjadi pedofil masih belum diketahui secara pasti. Beberapa studi mengatakan bahwa gangguan ini bisa saja didapatkan dari keluarga, tetapi masih belum jelas korelasi antara gangguan ini dengan faktor genetika.

Sejauh ini terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan seseorang menjadi seorang pedofil, di antaranya :

  1. Pernah mengalami pelecehan seksual ketika masih menjadi anak kecil
  2. Pernah mengalami cedera kepala ketika masih anak kecil
  3. Memiliki kelainan pada otak

Itulah ulasan singkat terkait pedofil yang para bunda perlu tahu. Gangguan seksual ini tidak hanya terjadi pada laki-laki karena dalam beberapa kasus juga terjadi pada wanita.

Tetap waspada dengan keselamatan dan kegiatan anak-anak sejak dini ya, Bun. Selain itu ajarkan mengenai tempat-tempat di tubuhnya yang tidak boleh disentuh orang lain. (PK)

Simak juga video berikut mengenai Mona Ratuliu yang kaget dengan pria yang mengaku bekerja nyatanya berzina. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!