sign up SIGN UP search


parenting

5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua agar Anak Tak Menjadi Korban Pedofil

Annisa Karnesyia Senin, 06 Sep 2021 13:00 WIB
a woman is about to kidnap a child caption
Jakarta -

Pedofil pada anak-anak bukan lagi hal yang tabu di masyarakat. Orang pedofil dicap berbahaya karena mereka bisa melakukan perilaku buruk pada anak-anak.

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), pedofil adalah orang yang melakukan pedofilia. Sementara itu, pedofilia adalah kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai objek seksual, Bunda.

Seksolog Ray Blanchard, PhD, mengatakan bahwa pedofil merujuk pada orang yang memiliki orientasi seksual terus-menerus pada anak-anak. Umumnya, ini terjadi ke anak berusia 13 tahun atau lebih muda.


Meski pedofilia adalah kelainan seksual, tidak semua pedofil adalah penganiaya anak. Ada pedofil yang dapat menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan anak-anak.

Banner tanaman hias pembawa hoki

"Penganiaya anak ditentukan dari tindakan mereka. Sementara pedofil, ditentukan dari keinginan mereka. Beberapa pedofil dapat menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seksual dengan anak-anak sepanjang hidup mereka," kata Blanchard, dilansir WebMD.

Kita tidak bisa menebak perilaku seorang pedofil begitu saja, Bunda. Untuk itu, kita perlu waspada mencegah anak jadi korban.

Perlu diketahui, pedofilia lebih sering dialami pria dibandingkan wanita. Kebanyakan pedofil tertarik pada anak-anak dari lawan jenis, sesama jenis, atau tidak terpaku pada pola tertentu.

Meski sulit dikenali, pedofil memiliki ciri yang khas. Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) edisi kelima, salah satu cirinya adalah memiliki fantasi, dorongan, atau perilaku berulang dan intens yang melibatkan aktivitas seksual dengan anak pra remaja, umumnya berusia 13 tahun atau lebih muda.

"Dorongan seksual ini telah menyebabkan penderitaan yang signifikan atau gangguan dalam fungsi sosial, pekerjaan, atau area penting lainnya," demikian isi DSM.

Pada kondisi yang buruk, perilaku pedofil bisa berubah menjadi tindakan kriminal. Terutama bila di pelaku mulai berani melakukan pelecehan untuk memuaskan hasrat seksualnya.

Sebagai orang tua, Bunda perlu melindungi anak agar tak jadi korban pedofil ya. Bagaimana caranya?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga alasan kenapa Bunda enggak boleh anggap pelecehan itu sebagai perbuatan normal, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MELINDUNGI ANAK DARI PEDOFIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!