sign up SIGN UP search


parenting

Tummy Time: Pengertian, Manfaat, dan Waktu Terbaik Melakukannya pada Bayi

Tim HaiBunda Minggu, 03 Oct 2021 10:41 WIB
4 months adorable baby girl lying on tummy in her father's hands caption
Jakarta -

Salah satu momen penting yang menyenangkan bersama Si Kecil adalah aktivitas Tummy Time. Kegiatan tersebut selain berusaha untuk menjalin komunikasi yang intens bersama Si Kecil, ternyata juga memiliki beragam manfaat positif bagi bayi. Apakah Bunda sudah tahu apa saja manfaatnya?

Berikut ini penjelasan singkat mengenai manfaatnya bagi Si Kecil serta waktu yang tepat untuk melakukannya.


Apa itu tummy time?

Istilah tersebut diartikan sebagai latihan tengkurap yang sebaiknya sering dilakukan pada bayi. Tidak ada ketentuan pada usia berapa bayi bisa melakukan aktivitas tersebut. Menurut American Academy of Pediatrics, aktivitas tersebut bisa dilakukan saat bayi baru dilahirkan beberapa hari dan tidak perlu ditunda-tunda.


Manfaat Kegiatan Tummy Time

Ketika bayi melakukan aktivitas tersebut, bayi akan belajar untuk mengangkat kepalanya melihat ke atas, hal tersebut bermanfaat dalam membantu perkembangan otot pada tubuhnya.

Jika latihan dilakukan secara rutin juga dapat membuat bayi terbiasa untuk berjalan, merangkak, duduk sampai berguling. Masih ada berbagai macam manfaat yang akan diperoleh dari aktivitas tersebut, di antaranya:

  • Latihan tengkurap dapat mencegah perut bayi mengalami kembung
  • Bayi aktif dalam mengontrol kepala
  • Membantu meningkatkan keterampilan motorik pada bayi
  • Terciptanya ikatan batin yang lebih kuat antara ibu dan sang bayi
  • Mencegah terjadinya "Plagiocephaly" yang artinya kepala bayi seperti peyang karena terlalu banyak terlentang.

Cara Tepat Melakukan Tummy Time pada Bayi

Sebenarnya aktivitas Tummy Time tidak ribet dan mudah diterapkan, hanya saja memang memerlukan waktu yang tepat. Bunda bisa melakukan kegiatan tersebut saat Si Kecil baru bangun dari tidur siang, habis berganti popok atau setelah dimandikan.

Hindari melakukan aktivitas tersebut setelah bayi menyusui karena dapat menyebabkan perutnya tertekan dan akhirnya muntah. Agar lebih jelas dan paham coba lakukan tips-tips sebagai berikut:

  • Aktivitas tengkurap sebaiknya dilakukan di tempat datar, misalnya kasur, lantai, atau di atas pangkuan Bunda. Usahakan tempat tersebut bersih dan luas agar Si Kecil bisa lebih leluasa bergerak dan merasa nyaman.
  • Sebelum aktivitas dimulai, maka bersihkan terlebih dahulu tempat tengkurap. Beri alas kain atau bantal tipis agar perut dan dada bayi lebih nyaman saat tengkurap.
  • Letakkan bayi secara perlahan pada alas tersebut dengan posisi tengkurap
  • Agar lebih menyenangkan dan Si Kecil tidak merasa bosan, ajak bayi berkomunikasi atau memberikannya mainan. Bisa juga dengan cara Bunda mengajak Si Kecil bercanda atau memperlihatkanĀ gambar menarik di buku. Hal tersebut selain membuat bayi lebih ceria juga dapat membuatnya belajar untuk tanggap.
  • Letakkan cermin di depan bayi agar perhatiannya hanya tertuju pada bayangannya sendiri. Si Kecil biasanya akan merasa lebih senang ketika melihat bayangannya tersebut sambil tersenyum.

Memang awalnya bayi akan menolak dan rewel saat dilatih tengkurap, tapi lama-kelamaan bayi akan terbiasa dan justru senang saat melakukannya. Sebagai orang tua, pastikan Bunda selalu mengawasi ketika melakukan aktivitas Tummy Time. Siap melakukannya dengan Si Kecil hari ini, Bun? (PK)

Simak juga video berikut mengenai perkembangan bayi satu bulan.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!