sign up SIGN UP search


parenting

Panjang & Berat Ideal Bayi Baru Lahir Menurut WHO, Bunda Wajib Tahu

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 04 Jan 2022 08:40 WIB
bayi sakit Ilustrasi perkembangan bayi baru lahir/Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021
Jakarta -

Tumbung kembang bayi baru lahir memang luar biasa ya, Bun. Proses tumbuh kembang tersebut mulai dari merangkak, berdiri, dan berbicara sehingga membuat kita terpukau dibuatnya.

Seperti Bunda tahu bahwa bayi di dalam kembangan pun sudah bisa merespon dan mendengar dengan gerakan. Hal tersebut akan berkembang saat dia berada di luar kandungan. Ketika ia akhirnya lahir, ada beberapa fase tumbuh kembang bayi baru lahir yang wajib Bunda pantau dan ketahui.

Ukuran dan berat badan bayi baru lahir

Tumbuh kembang bayi memang membutuhkan beberapa indikator. Pertama adalah mengamati ukuran dan berat badan bayi.Secara resmi badan WHO menetapkan kalau bayi laki-laki yang baru lahir idealnya memiliki panjang sekitar 48 - 52 cm dan untuk berat badan sekitar 2,9 - 3,9 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan sendiri sekitar 2,8 - 3,7 kg dan untuk panjang sekitar 41 - 51 cm.


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

Namun, dalam kondisi tertentu ada beberapa bobot dan panjang yang berbeda. Misalnya saja bayi yang mengalami prematur di mana berat badannya akan berkurang dibanding patokan di atas.

Perkembangan motorik dan gerak refleks

Dari sejak lahir, bayi sudah memiliki gerakan refleks yaitu cegukan. Gerakan ini bisa dilakukan seorang bayi dalam kondisi tertidur sekalipun. Namun, ada banyak gerakan reflek yang biasanya dialami bayi, seperti beberapa contoh ini:

  1. Mampu membuat gerakan melengkung seperti saat ia di dalam kandungan.
  2. Bayi bisa menangis dengan keras bila terkejut.
  3. Bayi baru lahir bisa meregangkan tangan dan kaki.

Semakin berkembang motorik bayi, gerakan reflek bayi juga meningkat. Salah satunya, bayi bisa menolak makanan atau benda yang masuk ke mulutnya dengan mendorong menggunakan lidah. Bayi juga bisa merasakan geli ketika kakinya dikelitik di mana otomatis kakinya akan bergerak mundur.

Kemampuan untuk mengisap ASI secara alami

Bayi baru lahir umumnya bangun setiap 2 - 3 jam sekali untuk minum ASI. Jika pun ia tertidur, Bunda wajib membangunkannya untuk asupan ASI ya. Namun, terkadang jadwal ini bisa berbeda tergantung jadwal lapar Si Kecil.

Dan, tahukah Bunda bahwa bayi baru lahir biasanya bisa mencium aroma yang dikeluarkan oleh ASI? Kalau Bunda meletakkan puting di pipi atau sudut bibir Si Kecil maka ia akan menoleh dan langsung menyusui. Kemampuan ini juga sebagai perekat hubungan antara Bunda dan Si Kecil karena ada proses skin to skin di dalamnya.

Uniknya juga bayi baru lahir juga bisa merasakan manis dan pahit. Kemampuan ini bisa dibilang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Tapi untuk rasa asin baru biasa bayi rasakan pada usia lima bulan.

Oh iya, Bun pahami juga waktu tidur Si Kecil karena pada umumnya bayi yang baru lahir akan menghabiskan kesehariannya untuk tidur. Kebiasaan tidur ini akan memakan waktu sekitar 16 - 17 jam perhari. Namun, kemampuan tidur ini bisa berlangsung selama delapan kali alias terputus-putus.

Beberapa indikator perkembangan bayi baru lahir di atas semoga bisa Bunda jadikan panduan dalam merawat dan membesarkan Si Kecil ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai rata-rata berat bayi baru lahir.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!