sign up SIGN UP search


parenting

Langkah Mudah Mulai Bisnis Online dari Rumah, Untung MAXimal!

Jihaan Khoirunnissa Sabtu, 02 Oct 2021 10:49 WIB
smartfren caption
Jakarta -

Meski Bunda adalah seorang ibu rumah tangga, Bunda tetap bisa produktif, lho. Salah satunya dengan membuka bisnis online dari rumah.

Selain untuk menambah kegiatan dan kesibukan, berbisnis online juga berpeluang menambah pemasukan setiap bulan. Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin membuka kesempatan berkembangnya bisnis online. Apalagi, hanya dengan bermodal HP kini sudah bisa memulai bisnis rumahan, Bun.

Buat Bunda yang masih ragu, jangan khawatir. Dikutip dari Fiverr, ini dia tips memulai usaha online dari rumah agar bisnis berkembang dan berkelanjutan.


Temukan Ide Bisnis

Bunda, hampir semua usaha online bisa maju karena dimulai dari ide kreatif. Meski pada dasarnya produk atau jasa yang ditawarkan sekilas sama, namun pasti ada beberapa kelebihan yang jadi pembedanya.

Nah, ide usaha atau bisnis ini sejatinya bisa berasal dari hal-hal sederhana di kehidupan. Misalnya Bunda bisa membuat list apa saja keterampilan atau keahlian yang dimiliki. Di samping itu, ide bisnis juga bisa berangkat dari hobi. Nggak sedikit, lho Bun, kegiatan yang awalnya hanya sebatas hobi justru bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Tentukan Produk yang Mau Dijual

Langkah selanjutnya setelah melakukan brainstorming ide, yaitu menentukan produk yang mau Bunda jual secara online. Kemudian proses pembuatannya, akan dibuat sendiri atau mengandalkan kerja sama dengan rekanan.

Namun, produk usaha online nggak harus 100% dibuat oleh seller. Bunda juga bisa menerapkan sistem reseller atau dropshipper yang hanya menjual kembali produk dari supplier.

Cari Tahu Dulu Kondisi Pasar

Tahukah Bunda setiap barang atau jasa memiliki pangsa pasarnya masing-masing. Jadi, sebelum memutuskan membuka bisnis online di rumah, penting untuk menyelami seluk- beluk barang yang akan dijual. Kemudian buat catatan kecil kebutuhan seperti apa yang diminati pasar.

Pelajari juga karakteristik pasarnya, ya Bun. Lakukan penelitian soal jenis kelamin, status sosial, hingga usia dominan dari calon pembeli produk. Jangan sampai nantinya cara pemasaran tidak fokus pada target pembeli yang dituju.

Pilih Platform Jualan yang Pas

Namanya jualan secara online, tentu Bunda memerlukan platform media sosial, seperti Facebook dan Instagram untuk memasarkan produk. Atau jika ingin lebih serius dan pangsanya luas, coba deh Bun bergabung dengan e-commerce.

Nah, mengingat jangkauan pemasaran lewat media daring sangat luas maka pastikan tampilan produk barang yang ditawarkan menarik. Hal ini supaya bisa mendompleng brand dan penjualan, serta menggaet banyak pembeli.

Faktor inilah yang mendorong Tariita untuk lebih giat meningkatkan kemasan atau packaging produk supaya pembeli puas. Tariita merupakan seorang blogger asal Medan yang kini mulai membuka usaha online. Bermodalkan HP, ia kumpulkan properti foto dari banyak penjual. Kemudian ia kemas ulang untuk dipasarkan kepada para pembeli.

Guna meng-upgrade kualitas produk, ia bahkan rela mencari dan melihat video tutorial di YouTube.

"Agar produk yang dijual dapat menarik minat pembeli, aku sering belajar dan mencari inspirasi melalui YouTube. Untuk mendukung usahaku ini, jaringan internet sangat dibutuhkan tentunya. Mulai dari meng-upload produk di sosmed sampai memantau olshopku," ujarnya dikutip dari laman Instagram-nya, Rabu (1/9/2021).

smartfrenFoto: Instagram.com/@rkb.sumut_

Menurut Tariita, YouTube menjadi jalan keluar paling Gokil, karena hanya dengan 1 platform ia bisa memperoleh banyak ilmu. Meski harus menonton YouTube berjam-jam, Tariita mengaku tak khawatir sinyal hilang tiba-tiba atau kuota yang mendadak habis. Rahasianya yaitu Smartfren Gokil Max yang dibekali kuota sultan sehingga membuat internet jadi nggak boros, Bun.

Dengan menggunakan Smartfren Gokil Max 36 GB, dirinya bisa memanfaatkan 12 GB kuota nasional yang bisa digunakan di mana saja, serta 24 GB kuota lokal yang berlaku di kota asal kartu perdana. Kuota lokal maupun nasional dapat digunakan di semua aplikasi selama 24 jam. Bukan hanya itu, ada juga Extra 70 GB yang bisa digunakan dari jam 1 sampai 5 pagi. Harganya juga nyaman kok, mulai Rp30 ribuan saja. Gokil kan, Bun!

"Namun aku gak khawatir, karena sekarang pakai Smartfren Gokil Max 36 GB. Bisa digunakan dimana saja selama 24 jam di semua aplikasi. Selain harganya yang terjangkau, sinyalnya juga lancar dan cepat. Kuota Sultan nya beneran Gokil!," terangnya.

Senada, salah seorang anggota Komunitas Rumah Kawan Bunda juga mengaku terbantu dengan kuota super besar dari Smartfren Gokil Max. Namun, berbeda dengan Tariita, ia memanfaatkan Smartfren Gokil Max untuk belajar teknik menjahit dari YouTube.

Sebab sebagai penjahit, terkadang ada saja request pelanggan yang rumit. Misalnya saja saat ia harus membuat hiasan bunga untuk dipasang di bagian leher baju. Meski begitu dia tidak lantas pasrah dan menolak permintaan tersebut. Ia justru semakin terpacu untuk meningkatkan skill menjahit lewat video-video yang ada di internet.

smartfrenFoto: Instagram.com/@rkb.sumut_/

Ia bersyukur ada Smartfren Gokil Max 9 GB yang menawarkan kuota sultan untuk berselancar di semua aplikasi seharian. Tidak hanya itu, sinyalnya pun lancar dan cepat. Jadi nonton video YouTube di HP nggak perlu emosi karena sering buffering deh.

"Gak akan takut lagi boros kuota untuk belajar tutorial jahit dari YouTube karena ada Smartfren Gokil Max dengan kuota besar, dapat digunakan 24 jam di semua aplikasi. Terus ada Extra Kuota 30 GB dari jam 01.00-05.00. Kuota sultan deh. Gokil MAXimal," ujarnya.

Bunda, internet tidak hanya membantu aktivitas berjualan atau bekerja saja, lho, melainkan bisa dimanfaatkan untuk mencari kegiatan seru bersama anak. Ya, hal inilah yang dilakukan oleh Puput. Lewat akun Instagram @puputfebriina, ia membagikan pengalaman membuat mainan edukasi untuk anak dengan melihat video di YouTube.

Dengan begitu anak jadi nggak bosan meski harus berdiam diri di rumah, Bun. Apalagi, selama masa PPKM kita diminta untuk tidak bepergian ke luar, terutama bagi Bunda yang memiliki anak kecil, tentunya supaya tetap aman, sehat, dan terlindungi.

"PPKM diperpanjang lagi nih jadi harus dirumah aja deh, padahal Raffasya udah ngajakin jalan-jalan terus dari kemarin. Biasanya kalau Raffasya udah bosen di rumah aja kaya gini aku selalu mengajak dia memainkan permainan baru. Kali ini aku mau mengajak Raffasya bikin mainan edukasi kreatif yang menyenangkan," katanya.

Namun, sering kali internet jadi hambatan besar. Sinyal yang tidak lancar membuat tampilan video jadi patah-patah. Belum lagi, biasanya aplikasi video memakan kuota yang cukup besar dengan harga mahal pastinya.

smartfrenFoto: Instagram.com/@puputfebriina/

Untung saja Puput sudah menggunakan Smartfren Gokil Max 36 GB, Bun. Diakuinya kuota Smartfren Gokil Max beneran MAXimal dan bisa didapatkan dengan harga paling Gokil, yakni mulai Rp30 ribu saja.

Kecepatan internetnya juga tak perlu diragukan lagi karena sudah 100% 4G. Ia bahkan sudah sempat mengujinya.

"Mengakses video di YouTube mudah dan cepat karena aku menggunakan Smartfren Gokil Max 36 GB memiliki Kuota Besar yang dapat digunakan 24 jam di semua aplikasi, harga terjangkau, sinyal lancar dan cepat yang sudah aku buktikan dengan speed test. Pokoknya selama di rumah aja gak perlu khawatir lagi kehabisan kuota karena Smartfren Gokil Max Kuotanya Beneran Gokil, Kuota Sultan MAXimal kecepatannya," tandasnya.

Tidak hanya itu saja Bun, ia juga mendapatkan gratis telepon ke semua Smartfren serta Extra Kuota 70 GB dari jam 1 sampai 5 pagi, cocok banget jadi teman Bunda untuk bisa produktif MAXimal selama di rumah.

Bagaimana Bun? Meski berbekal internet Bunda tetap bisa melakukan segudang aktivitas supaya hari jadi lebih produktif. Bunda juga bisa nih membagikan pengalaman selama menggunakan Smartfren Gokil Max, boleh yang berkaitan dengan mendidik anak, bisnis, pekerjaan ataupun tentang kesehatan.

Unggah cerita Bunda dalam bentuk video di feed Instagram. Akan ada tambahan penilaian apabila Bunda unggah di Instagram reels. Tenang, ada hadiah menarik yang menanti untuk Bunda bawa pulang!

Bagi Bunda yang beruntung punya kesempatan untuk mendapatkan uang tunai Rp1 juta untuk 2 pemenang di setiap kategorinya. Adapun kategorinya antara lain Financial Issue, Parenting Issue, Child Development Issue, serta Mompreneur.

Sayang banget jika dilewatkan, yuk langsung upload postingan Bunda ke Instagram. Jangan lupa sertakan hashtag #KuotaSultanHargaTeman #smartfrenBarengHaiBunda dan mention atau tag ke akun Instagram resmi @smartfrenworld dan @haibundacom serta tag 3 orang teman ya. Buruan ikutan, Bun!

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!