sign up SIGN UP search


parenting

Tertarik untuk Berbisnis dari Rumah? Cek Dulu 7 Hal Ini Bun

Sabtu, 02 Oct 2021 11:45 WIB
Senior Financial Advisor, Bareyn Mochaddin, caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menawarkan banyak peluang usaha atau bisnis baru. Selain mengisi kegiatan di rumah, berbisnis juga dapat menambah pendapatan keluarga, Bun.

Namun, jangan terburu-buru dalam membuka bisnis sendiri. Senior Financial Advisor, Bareyn Mochaddin, S.Sy., M.H., RPP mengatakan agar bisnis dapat berkembang dan bertahan lama perlu disertai dengan rencana yang matang. Tak bisa jika hanya mengandalkan modal, Bunda. Dalam webinar yang mengangkat tema "Cuan MAXimal Lewat Bisnis dari Rumah", Bareyn pun membeberkan 7 hal yang wajib Bunda perhatikan jika ingin mulai berbisnis dari rumah.

1. Pilih Jenis Usaha yang Sesuai


Bareyn mengatakan penting bagi Bunda menentukan ranah usaha yang ingin dikembangkan. Nggak perlu muluk-muluk, ide usaha ini sebetulnya bisa muncul dari hobi atau kesukaan, Bun.

"Pertama adalah Bunda harus menentukan jenis usaha apa yang ingin digeluti. Misalkan contohnya apakah bisnis kuliner atau bisnis fashion," katanya.

2. Lihat Tren

Selain itu menurut Bareyn, penting juga untuk Bunda memperhatikan apakah tren jenis usaha tersebut masih berlangsung hingga kini. Misalnya sektor usaha makanan yang kini sedang dibanjiri oleh produk croffle. Ia mengatakan Bunda dapat memantau perkembangan tren usaha dengan melihat segala hal yang terjadi di laman media sosial.

3. Mental Pebisnis yang Kuat

Membangun bisnis sejatinya tidak semudah yang terlihat, Bun. Ada kalanya usaha mengalami penurunan. Namun, hal ini jangan langsung membuat Bunda putus asa dan memutuskan untuk berhenti. Oleh karena itu ia mendorong agar Bunda memupuk mental kuat.

"Mental seorang pebisnis ini juga harus dimiliki oleh Bunda semua. Jangan hanya memikirkan untung, untung, untung saja. Tapi Bunda semua juga harus siap rugi. Karena bisnis itu kan nggak cuman untung, tapi juga ada ruginya, ada pahit-pahit nya meskipun dikit gitu ya. Tapi harus siap dengan itu semua," terangnya.

4. Tentukan Sistem Penjualan

Untuk berbisnis tidak melulu harus memiliki gudang dan stok barang. Bareyn menyarankan kepada pemula yang baru mau berbisnis untuk mencoba sistem penjualan reseller. Cara jualan ini dinilainya efektif, terutama jika terhalang modal yang tipis atau belum memiliki kemampuan produksi yang mumpuni, Bun.

5. Tentukan Target Pasar

Bekal utama yang harus dimiliki calon pebisnis sukses yaitu harus bisa menganalisa pasar. Bunda perlu menentukan target pasar yang tepat agar produk yang dihasilkan sesuai. Pasalnya jika target pasar meleset, maka penjualan produk bisa mengalami kesulitan meski memiliki kualitas yang baik.

"Harus diperhatikan juga adalah target pasarnya. Siapa nih yang jadi target pasar Bunda semua. Jangan kemudian asal-asalan dalam membuat barang tanpa bunda semua tahu siapa yang akan menjadi target pasarnya. Apakah mungkin ibu rumah tangga, mahasiswa. Kalau kemudian target market adalah ibu rumah tangga maka tidak bisa sama dengan mahasiswa," tuturnya.

"Selain itu yang juga penting untuk diperhatikan adalah nama usaha, harus menarik dan juga beda. Tapi jangan di mirip-mirip juga sama orang lain," lanjutnya.

6. Kembangkan Skill

Ia juga mendorong Bunda untuk terus mengembangkan skill dan kemampuan. Hal ini agar semakin menunjang kinerja dari produksi sekaligus kelangsungan bisnis secara umum. Tak hanya skill manajerial, diperlukan juga kemampuan lainnya agar usaha Bunda bisa berjalan lancar dan sukses. Misalnya saja kemampuan menganalisis risiko, kemampuan berpikir kreatif, dan lainnya.

7. Membangun Networking

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah membangun jaringan relasi dengan sesama pengusaha. Meski kerap tak disadari, poin ini cukup krusial, lho Bun. Bahkan networking disebut lebih penting dari permodalan dalam bisnis. Hal ini mengingat sulitnya mengembangkan bisnis apabila jaringan yang dimiliki kecil.

Hal senada disampaikan Head of Community Development Smartfren, Dani M Akhyar. Ia mengatakan pihaknya menyadari kebutuhan akan jejaring sesama UMKM agar bisa membuka peluang dan saling meningkatkan produktivitas. Untuk itu, Smartfren meluncurkan program Teman Kreasi Indonesia sebagai sarana inkubasi dan pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Sekaligus membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

"Teman Kreasi Indonesia ini sejak tahun 2019 saat ada program CSR ke kelompok kerajinan di Tangerang. Dari program ini kita tahu UMKM perlu jadi fokus kita, sehingga tahun 2020 kita luncurkan namanya Rumah Kreatif. Kemudian setelah melalui perenungan, kita bikin nama yang unik. Bulan Maret 2021 kemarin diluncurkan lagi dengan nama Teman Kreasi Indonesia. Diharapkan bisa terjalin kolaborasi dalam hal berkreasi, kita barengan, saling melengkapi. Terutama di saat pandemi COVID-19 ini," jelasnya.

Diketahui, Teman Kreasi Indonesia merupakan bagian dari program Smartfren Community yang sudah 6 tahun berdiri dan terdapat di 102 Kota di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota 90 ribu sampai 100 ribu. Smartfren Community dipimpin oleh 125 leader yang tersebar di berbagai kota. Ada juga 350 content creator binaan, 600 lebih sekolah dan universitas, serta berbagai lembaga dan kementerian yang ikut bekerja sama di dalamnya.

"Kita (Teman Kreasi Indonesia) saat ini bina 800 - 1.000 UMKM. Itu ada di bidang kuliner, fashion, kriya, jasa, dan startup teknologi. Untuk informasi lebih lanjut silakan follow @temankreasi_id, @smartfrencommunity," tukasnya.

Sebagai informasi, webinar 'Cuan MAXimal Lewat Bisnis dari Rumah' digelar oleh Smartfren bekerja sama dengan Haibunda untuk menjadi #TemanBukaPeluangmu agar dapat mendukung produktivitas di era digital dan pandemi walau di rumah aja.

Tidak hanya lewat gelaran webinar Bun, Smartfren juga menghadirkan kemudahan dalam berselancar di dunia maya lewat salah satu produk terbarunya, yakni Smartfren Gokil Max. Ada 3 varian produk Smartfren Gokil Max yang masing-masingnya menawarkan Kuota Sultan dengan Harga Teman mulai dari Rp30.000. Adapun masa aktif paket selama 30 hari, jadi Bunda bisa internetan sepuasnya di rumah.

Pertama yaitu Gokil Max 9 GB seharga Rp30.000 dengan 3 GB Kuota Nasional dan 6 GB Kuota Lokal ditambah Extra Kuota 30 GB yang dapat dipakai mulai pukul 01.00 - 05.00 WIB. Ada pula Gokil Max 21 GB (7 GB Kuota Nasional, 14 GB Kuota Lokal) dan Extra Kuota 50 GB (01.00 - 05.00 WIB) seharga Rp50.000. Serta yang terakhir, yakni Gokil Max 36 GB (12 GB Kuota Nasional, 24 GB Kuota Lokal) dan Extra Kuota 70 GB (01.00 05.00 WIB) seharga Rp70.000.

Kuota Nasional bisa Bunda gunakan di mana saja, sementara Kuota Lokal dapat dipakai di kota pembelian kartu perdana Gokil Max. Smartfren Gokil Max kini bisa dengan mudah didapatkan lho, Bun. Bunda bisa membelinya melalui Galeri Smartfren maupun outlet-outlet terdekat. Sementara untuk kegiatan isi ulang paket bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Untuk mengetahui informasi lengkap seputar Smartfren klik di sini, Bunda.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!