sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Mainan Edukasi Anak 5 Tahun, Bunda Bisa Berikan ke Si Kecil

Dewi Ratna Rabu, 15 Sep 2021 15:55 WIB
Ilustrasi eksperimen bersama anak Ilustrasi/ Foto: Getty Images/AleksandarNakic

Tak terasa, Si Kecil sudah beranjak besar. Bunda bahkan sudah harus mendaftarkannya sekolah tahun depan. Ya, dia sudah berusia 5 tahun sekarang. Sama seperti saat dia masih bayi, Bunda pun masih perlu memantau perkembangan anak umur 5 tahun ini.

Selain sudah banyak keterampilan yang dia bisa, bermain pun sudah berbeda karena mulai bisa dilakukan di luar ruangan juga. Ngomong-ngomong soal bermain, Bunda perlu tahu nih, apa saja sih mainan edukasi anak 5 tahun? Namun sebelumnya, pastikan Bunda tahu dahulu, seperti apa perkembangan anak 5 tahun ini.

Perkembangan anak usia 5 tahun

Pada usia 5 tahun, biasanya anak sudah bisa dan bahkan lancar berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Bahkan mereka sudah bisa diajak bekerja sama ataupun diatur dengan tujuan kebaikan. Sebelum membahas mainan edukasi anak 5 tahun, pelajari dahulu perkembangan mereka seperti berikut ini:


1. Perkembangan fisik dan motorik anak 5 tahun

Di usia 5 tahun, pada umumnya anak-anak mulai tertarik melakukan hal-hal seperti menanggalkan pakaian atau memakainya sendiri. Mereka juga mulai suka memanjat dan berayun-ayun, serta mulai seimbang berdiri dengan satu kaki, meski tidak lama.

Anak umur 5 tahun cenderung mulai ingin mandiri. Mereka sudah bisa menggunakan sendok dan garpu sendiri, atau pergi ke toilet tanpa diantar. Dan tentu saja di momen ini Bunda harus mendukung keinginannya untuk mandiri dengan membimbing mereka melakukannya.

2. Anak 5 tahun mulai lancar berkomunikasi

Seperti yang sempat disinggung di atas, anak usia 5 tahun biasanya sudah lancar berkomunikasi dan bahkan bisa diajak bekerja sama. Mereka sudah bisa bicara dengan jelas hingga lima kalimat, atau menceritakan apa yang dialaminya hari ini dengan jelas.

Menyebutkan nama lengkap, nama orang tua, alamat, atau bahkan nomor telepon pun mereka sudah benar. Bahkan anak usia 5 tahun juga sudah bisa menceritakan rencana mereka besok, misalnya jika akan diajak pergi berjalan-jalan atau akan merayakan ulang tahun.

3. Mulai terampil berpikir

Jika sudah bisa membayangkan besok akan berencana ke mana, maka dia juga sudah bisa berpikir tentang bagaimana menggambar bentuk-bentuk yang lebih sulit ketimbang lingkaran atau persegi panjang. Mereka juga bisa menghafal dan menyebutkan angka, serta nama-nama benda yang sering dijumpainya.

Ada beberapa yang bahkan sudah tahu warna-warna. Setidaknya mereka bisa menyebutkan empat warna yang mereka ingat. Dengan bantuan mainan edukasi anak 5 tahun, kemampuan ini bisa lebih diasah lagi tentunya. Mereka pun juga sudah bisa menulis beberapa huruf dan angka.

4. Perkembangan emosional anak umur 5 tahun

Cenderung sudah mudah diatur, karena di usia 5 tahun anak-anak sudah mudah mematuhi peraturan yang diberikan. Mereka juga mulai mandiri, bisa melakukan banyak hal sendiri, seperti pergi ke toilet atau bahkan membeli sesuatu di toko.

Secara emosional, anak umur 5 tahun sudah mulai bisa menuangkannya dalam tarian, nyanyian, dan bahkan akting. Sedangkan secara sosial, mereka cenderung ingin membuat temannya senang, atau juga mulai meniru apa yang dilakukan temannya.

Nah, dengan mengetahui perkembangan ini, Bunda jadi lebih mudah mencari mainan edukasi anak 5 tahun. Tentunya juga bisa disesuaikan dengan apa saja keterampilan yang sudah mereka kuasai.

Mainan edukasi anak 5 tahun

Berbekal pengetahuan tentang perkembangan anak 5 tahun, berikut ini beberapa mainan edukasi yang cocok untuk mereka:

1. Poster anatomi tubuh

Karena mereka mulai bisa mengingat, Bunda bisa mulai memperkenalkan anatomi tubuh manusia yang tentu saja lewat mainan edukasi anak 5 tahun. Bunda bisa membelikannya berupa poster anatomi tubuh yang terdiri dari organ luar dan organ dalam. Atau jika ada, bisa juga membeli patung mainan yang bentuknya lebih nyata.

Dengan poster atau patung anatomi tubuh ini, Bunda bisa mulai memperkenalkan nama-nama bagian tubuh manusia. Pastikan mereka tahu cara pengucapannya, serta ajarkan juga tentang bagaimana cara kerjanya dengan bahasa yang mudah dipahami.

2. Mainan menguntai manik-manik

Karena motoriknya sudah oke, maka menguntai manik-manik bisa jadi salah satu alternatif mainan edukasi anak 5 tahun juga. Selain belajar merangkai manik-maniknya, Bunda juga bisa sekalian mengajarkan lebih banyak perbendaharaan warna pada Si Kecil.

Bunda bisa membelinya di toko mainan, atau membuatnya sendiri dengan hanya membeli bahan-bahannya di toko kerajinan tangan. Untuk sarana menguntai, Bunda bisa pilihkan senar kecil ketimbang benang yang lebih susah dimainkan. Pastikan untuk tidak memakai jarum ya, Bunda.

3. Menyusun Lego

Mainan Lego atau yang serupa dengannya, sangat cocok jadi mainan edukasi anak 5 tahun. Lego punya set untuk anak-anak yang lebih mudah dirangkai. Mereka akan suka, karena kebanyakan mainan ini berupa karakter yang familiar seperti Spider-Man.

Selain mengajari Si Kecil untuk merangkai Lego sesuai panduan yang ada, Bunda juga bisa membiarkan mereka berkreasi bentuk yang diinginkannya. Atau Bunda mungkin juga bisa contohkan, bisa jadi bentuk apa saja sekotak Lego yang ada di tangannya itu.

4. Menanam sayuran

Bunda bisa mengajak mereka berkebun dengan cara yang seru sebagai mainan edukasi anak 5 tahun. Karena mereka sudah bisa memahami instruksi, maka menanam sayuran bisa jadi salah satu solusi bermain. Dengan permainan ini, anak-anak akan paham dari mana makanan yang mereka konsumsi sehari-hari itu berasal.

Bisa dimulai dengan membeli pot plastik dengan warna yang akan mereka sukai, atau pot tanah liat yang bisa mereka lukis terlebih dahulu sebelum ditanami. Setelahnya, Bunda bisa kenalkan mereka dengan biji-bijian yang akan ditanam, seperti kemangi, wortel, tomat, dan lainnya.

5. Bermain alat musik

Alat musik juga bisa jadi mainan edukasi anak 5 tahun loh, Bunda. Dengan memberikan mereka alat musik mainan, Si Kecil akan mulai belajar mengenal bunyi dan mengetahui dari alat musik apa bunyi itu berasal. Mereka juga jadi tahu bahwa ternyata ada banyak nada dalam musik.

Bunda bisa coba memberikan Si Kecil gitar kecil atau piano mungil yang pas dengan ukuran badan mereka. Biarkan saja mereka bereksplorasi dahulu dengan mainan tersebut. Sesekali, ajarkan mereka cara yang benar memainkannya. Ajarkan tangga nada lewat alat-alat tersebut.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi mainan edukasi anak 5 tahun yang bisa jadi pilihan Bunda buat Si Kecil. Mungkin Bunda bisa memberikannya sebagai hadiah karena pencapaian-pencapaian yang sudah disepakati, misalnya jika anak lolos potty training, maka akan ada hadiah dari salah satu daftar di atas.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!