sign up SIGN UP search


parenting

Perbedaan Usia Anak Terpaut Jauh, Ini Cara Mona Ratuliu Lakukan Bonding Time

Asri Ediyati Rabu, 13 Oct 2021 10:57 WIB
Indra Brasco dan Mona Ratuliu. Mona Ratuliu dan keluarga/ Foto: Instagram
Jakarta -

Bunda tentu tahu, bonding time diperlukan untuk menjaga komunikasi antara anak dengan orang tua. Mona Ratuliu memiliki empat anak yang masing-masing usianya terpaut cukup jauh. Menyoal bonding time, ia memiliki cara agar masing-masing anak mendapatkan porsi yang adil lho, Bunda.

Bagaimana caranya? Istri Indra Brasco ini mengungkap bahwa ia kompak bersama suami untuk melakukan quality time dengan anak-anak sesuai dengan kesukaan atau preferensi aktivitas masing-masing.

"Anakku kan usianya beda-beda ya. Jadi ada yang umur 18 tahun, ada yang 11 tahun, ada yang umur 9 tahun dan umur 1 tahun," kata Mona Ratuliu di acara Cussons Bintang Kecil 2021 Hari Penuh Cinta, Minggu (10/10/2021).


Untuk anak sulung Mona Ratuliu yang 18 tahun, bonding time paling seru biasanya makan makanan favoritnya sambil curhat, Bunda. "Kalau 11 tahun itu karena laki-laki, dia tuh senang banget nonton film bareng. Jadi family time itu dia pengennya sekeluarga ngumpul dan nonton film bareng-bareng."

Baim Wong Adzankan Anak KeduaBaim Wong Adzankan Anak Kedua/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Kalau yang 9 tahun, Nala tuh sukanya main game. Jadi main kartu, main jenga, main monopoli, main ular tangga. Pokoknya ngumpul bareng keluarga terus main bareng-bareng."

Sementara Numa, yang masih berusia 1 tahun justru bermain dengan semua kakaknya. "Semuanya suka banget main bareng sama dia. Sukanya kruntelan ngumpul bareng kakak-kakaknya," tutur Mona Ratuliu.

Mengingat empat anak rasanya tak cukup dalam 24 jam untuk menyelipkan bonding time dalam rutinitas harian Mona dan suami, mereka pun menyiasatinya dengan menggilir waktu bonding time.

"Jadi emang beda-beda ya. Tapi, biasanya waktunya terbatas, kita gilir saja. Hari ini ayo mau ngapain? Nonton film bareng atau main jenga bareng," kata Mona Ratuliu.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaBanner Wanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Di kesempatan yang sama, psikolog anak Vera Itabiliana, M.Psi., mengatakan bahwa di pandemi seperti ini, perlu diingat, betapa beratnya tekanan saat pandemi ini.

Ayah dan bunda tetap harus ingat bahwa anak-anak juga melewati masa sulit seperti ini. Semua bergelut dengan emosinya, termasuk anak.

Kita semua perlu beradaptasi pada rutinitas sehari-hari. Tapi jangan lupa untuk tetap menyelipkan bonding time di tengah jadwal atau rutinitas yang kita buat, Bunda.

"Kita fokus bersama anak, entah sedang makan, yang penting kita berkomunikasi dengan anak," ucap Vera Itabiliana.

Vera mengingatkan perlu tune in dengan anak ketika melakukan bonding time. Apa maksudnya? Simak paparan selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga cerita Mona Ratuliu asuh Balint dan rela berbagi ASI dengan anak bungsunya:

[Gambas:Video Haibunda]



BONDING TIME: TUNE IN DENGAN ANAK, KOLABORASI AYAH & BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!