sign up SIGN UP search


parenting

10 Alasan Lumba-lumba Dijauhi Ikan Hiu, Menarik Diceritakan ke Anak

Asri Ediyati Kamis, 14 Oct 2021 19:00 WIB
Ilustrasi lumba lumba hiu dan paus Ilustrasi lumba-lumba dan hiu/ Foto: Getty Images/id-work
Jakarta -

Ikan hiu dan lumba-lumba adalah hewan predator dan karnivora di lautan. Walaupun memiliki dua kesamaan, lumba-lumba lebih dikenal awam sebagai hewan ramah dan tidak berbahaya. Sementara, ikan hiu dikenal lebih ganas bahkan bisa menyerang.

Meskipun dikenal ramah dan tidak berbahaya, lumba-lumba ternyata justru dihindari oleh ikan hiu di laut. Bukan karena takut atau lumba-lumba sebagai musuh alami ikan hiu, tapi menurut Stephen Kajiura, seorang ahli hiu di Florida Atlantic University, ikan hiu malah diserang lumba-lumba jika mereka merasa terancam.

"Lumba-lumba dan ikan hiu umumnya berenang berdampingan 'mengurus urusan mereka sendiri', (tapi) lumba-lumba kadang-kadang memusuhi ikan hiu ketika mereka merasa terancam," kata Kajiura, dikutip dari Live Science.


Lumba-lumba yang lebih agresif ini akan menabrak ikan hiu dengan hidung mereka, atau membantingnya dengan seluruh kekuatan tubuh mereka. Ikan hiu kadang-kadang bahkan berenang menjauh dari pertemuan yang menyebabkannya memar dan babak belur.

Berikut beberapa alasan lumba-lumba dihindari ikan hiu:

1. Punya tubuh yang fleksibel

Secara fisik, tubuh luar atau kulit lumba-lumba cenderung lembut. Hal ini ditambah dengan sendi rangka yang fleksibel sehingga memudahkan lumba-lumba untuk bermanuver dengan cepat dalam pertarungan.

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

2. Punya ekor horizontal

Bidang vertikal ekor ikan hiu membatasi mobilitas ke atas dan ke bawah sementara bidang horizontal ekor lumba-lumba memungkinkan kelincahan dan perubahan arah untuk serangan cepat.

3. Punya moncong tumpul yang kuat

Seperti yang dikatakan Kajiura di atas, lumba-lumba mengandalkan moncongnya yang kuat. Moncong lumba-lumba terbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Ketika terdapat gangguan dari hiu, lumba-lumba akan memposisikan diri beberapa meter di bawah hiu lalu meluncur ke atas dengan menusukkan moncongnya ke perut ikan hiu.

Apa lagi alasan lain lumba-lumba dijauhi ikan hiu di laut? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

[Gambas:Video Haibunda]





(aci/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!