sign up SIGN UP search


parenting

3 Kunci Mencegah Stunting Pada Anak, Jangan Telat Tidur Bun!

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 15 Oct 2021 20:00 WIB
NUTRISI DAN TUMBUH KEMBANG
healthy fresh mixed fruits on white wooden table caption

2. Asupan nutrisi

Tanpa asupan nutrisi yang cukup, hormon pertumbuhan akan sulit terbentuk secara alami. Pastikan untuk memberi makanan bergizi seimbang untuk Si Kecil, Bunda.

Anak harus diberi gizi yang baik pada 1000 hari pertama kehidupan, mulai dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari kehidupan pertama sejak bayi dilahirkan. Selain ASI, salah satu nutrisi yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak adalah protein hewani.

Protein hewani dapat diperoleh dari tiga jenis sumber, yaitu ikan, ayam, atau daging merah. Konsumsi ketiganya dapat mendorong pertumbuhan anak dengan lebih optimal.


"Konsumsi minimal 1 jenis protein hewani akan mengurangi resiko stunting sebanyak 3,7 kali. Apabila mengonsumsi 2 jenis, akan mengurangi resiko 5,7 kali, dan 6,1 kali dengan konsumsi tiga jenis protein hewani," tutur dr Lanny.

Selain itu, jangan lupa memberi asupan nutrisi pendukung dari produk susu, Bunda. Pilih susu dengan kandungan gizi yang disesuaikan dengan usia anak.

3. Pantau tumbuh kembang anak secara berkala

Stunting dapat dicegah dengan memantau tumbuh kembang anak secara teratur. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dengan dokter gizi untuk memastikan tumbuh kembangnya sudah berjalan dengan baik.

Dr Lanny mengatakan, masih banyak Bunda yang menyepelekan kunjungan rutin Si Kecil ke pusat kesehatan. Padahal, dokter gizi akan membantu melakukan pemeriksaan tumbuh kembang mereka mulai dari pengukuran berat badan hingga lingkar kepala.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk memantau masih banyak ibu yang telat memeriksakan anak mereka. Ada yang masih suka telat datang ke dokter, tiba-tiba sudah mengeluhkan berat badan anaknya tidak naik selama 3-6 bulan terakhir," ujarnya.

(anm/anm)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!