sign up SIGN UP search


parenting

Catat Bun! Ini 6 SD di Bekasi Serta Biaya Masuk Sekolah Tahun Ajaran 2022

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 27 Oct 2021 14:03 WIB
Anak sekolah caption
Jakarta -

Tahun ajaran 2022 memang masih lama, Bunda. Tapi, tak ada salahnya kita mulai mencari sekolah anak dengan fasilitas yang bagus.

Mencari sekolah untuk anak, terutama Sekolah Dasar (SD), ternyata enggak mudah lho. Orang tua biasanya perlu mempertimbangkan beberapa hal, termasuk biaya yang terjangkau.

Biaya sekolah umumnya menjadi pertimbangan utama saat memilih sekolah Si Kecil. Sejak jauh-jauh hari sebelum anak sekolah, banyak orang tua sudah menabung dan menyiapkan dana pendidikan.


Di zaman sekarang, menyiapkan dana pendidikan memang penting. Apalagi, biaya pendidikan bisa naik setiap tahun menyesuaikan fasilitas hingga kurikulum pendidikan.

Banner Masakan Seminggu Spesial Menu Warteg

"Menyiapkan dana pendidikan anak itu merupakan suatu perjalanan yang panjang, kita perlu siapkan dengan matang," kata Francisca Emi, Financial Trainer QM Financial, dalam acara HaiBunda Squad Online, beberapa waktu lalu.

Soal biaya sekolah, Bunda perlu mendiskusikannya dengan Ayah sebelum memilih sekolah. Terutama, bila Bunda memiliki lebih dari satu anak ya.

Menghitung kebutuhan dana pendidikan juga perlu menyesuaikan kemampuan finansial. Jangan sampai orang tua mengorbankan pengeluaran wajib dan rutin demi membiayai sekolah anak di tempat bergengsi.

Kalau Bunda tetap ngotot mencari sekolah bagus, dana pendidikan anak bisa dikumpulkan dengan menyisihkan uang dari kebutuhan lainnya. Jika khawatir kekurangan, maka bisa disiasati dengan mengurangi salah satu pos pengeluaran bulanan, misalnya lifestyle atau pengeluaran rutin.

"Nah, di sini Bunda biasanya akan berhadapan dengan kegalauan uang yang enggak cukup. Cost yang bisa dikurangi ya kurangi, biasanya lifestyle, atau rutin. Cara satu lagi adalah dengan menaikkan penghasilan," ujar Emi.

Biaya sekolah anak SD enggak cukup beragam, Bunda. Umumnya biaya ini mencakup uang pendaftaran, uang pangkal, uang seragam, dan SPP per bulan. Beberapa sekolah ada pula yang mewajibkan membayar uang kegiatan hingga biaya pengembangan per tahun.

Selain biaya, Bunda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memilih sekolah yang dekat rumah. Selain aksesnya mudah dan cepat, biasanya anak bisa mudah beradaptasi karena mengenal lingkungannya dengan baik.

Nah, bagi Bunda yang tinggal di Bekasi, berikut daftar biaya sekolah di 6 SD yang bisa jadi pilihan sekolah anak.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 3 hal yang perlu dihindari orang tua pada anak SD, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!