sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Sulit Tidur Teratur? Coba Terapkan Jadwal Tidur 2 3 4 Bun

Ummu Kultsum Roihaanah Minggu, 31 Oct 2021 19:10 WIB
Apakah waktu dan pola tidur Si Kecil masih berantakan? Bunda bisa mencoba menggunakan metode 2 3 4 yang dapat membantu Si Kecil tidur pulas dan teratur. IIustrasi pola tidur bayi/ Foto: iStock

Jakarta - Apakah Bunda saat ini sedang berada di fase kewalahan mengatur pola tidur anak yang selalu terjaga di malam hari, tetapi dapat tidur nyenyak di siang harinya?

Sebagai orang tua, Bunda tentu menginginkan agar Si Kecil dapat memiliki pola tidur yang normal di setiap harinya. Namun kenyataannya, kadang tak seperti apa yang diharapkan ya. Sebab, pola tidur Si Kecil memang sulit ditebak dan dapat berubah-ubah setiap harinya. 

Dikutip dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi, dalam beberapa usia bayi, jadwal tidur bayi merupakan fenomena yang selalu berubah dan sangat tidak teratur. Bahkan, beberapa bayi hanya akan tidur dengan sendirinya ketika mereka sudah merasa lelah.


Hal ini tentu membuat Bunda seringkali merasa kewalahan dan sangat sulit untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Agar dapat sedikit menyelaraskan waktu tidur Bunda dan Si Kecil, mengatur pola tidur Si Kecil ternyata juga perlu untuk dilakukan. 

Salah satu metode untuk dapat mengatur pola tidur Si Kecil agar lebih teratur yaitu dengan menerapkan jadwal tidur 2 3 4.

Melansir Today Parent dan Wee Bee Dreaming, jadwal tidur siang 2 3 4 untuk bayi mungkin tidak akan pernah Bunda temukan dalam buku ilmu parenting mana pun. Sebab, jadwal tidur ini lebih populer dibicarakan oleh kaum ibu saja.

Banner Cara Atasi WC mampetBanner Cara Atasi WC mampet/ Foto: HaiBunda/Mia

Singkatnya, jadwal tidur 2 3 4 dapat meningkatkan waktu bangun Si Kecil secara bertahap di antara tidur siang yaitu dengan cara dua jam sebelum yang pertama, tiga jam setelahnya, dan empat jam sebelum waktu tidur. Jadwal tidur 2 3 4 dibuat agar Si Kecil dapat tidur siang hanya dua kali dalam sehari. 

Dengan cara tersebut, Bunda dapat lebih mudah untuk mengatur jadwal tidur Si Kecil terutama membantu tidur Si Kecil menjadi lebih lama di malam hari sekaligus Bunda dapat menyisihkan waktu luang untuk diri sendiri.

Salah satu pendiri kelompok konsultan tidur Baby Sleep Science, Meg Casano mengatakan pendekatan tidur siang 2 3 4 seperti ini merupakan sesuatu yang masuk akal berdasarkan perspektif ilmiah.

Meg mengatakan, tidur siang tidak didorong dengan cara yang sama seperti tidur malam. Sebab, hal itu tidak dikendalikan oleh ritme sirkadian. Sebaliknya, ini merupakan tentang tekanan tidur dan perasaan lelah yang meningkat semakin lama terjaga hingga di pengujung hari akan tidur lebih lama.

Lebih lanjut Meg menyarankan, bagi para Bunda yang ingin mencoba untuk menerapkan jadwal tidur 2 3 4 sebaiknya dapat memulai dengan mengatur waktu bangun yang konsisten setiap hari untuk membantu mengatur ritme atau irama sirkadian bayi. Pasalnya, jika waktu bangun bayi tidak teratur, hal itu akan membuatnya seperti jetlag.

Salah satu cara agar Bunda dapat mengatur jadwal 2 3 dan 4 dengan baik, yaitu sebagai berikut, jika bayi bangun jam 7 pagi, tidur siang pertamanya pada jam 9 pagi. Jika tidur sampai 10.30, tidur siang yang kedua adalah tiga jam setelah itu, yakni pada jam 13.30. 

Kemudian, jika Si Kecil tidur sampai jam 3 sore, waktu tidur yang tepat untuk malam harinya yaitu pukul 7 malam. 

Lalu, pada usia berapakah Bunda boleh menerapkan jadwal tidur 2 3 4 kepada Si Kecil?

Simak penjelasan selengkapnya pada halaman berikutnya, Bun!

Simak juga yuk video tentang mengenal jam tidur bayi 0-12 bulan di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



BEGINI MENURUT PARA AHLI USIA YANG TEPAT UNTUK MENERAPAKAN METODE TIDUR 2 3 4 KEPADA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!