sign up SIGN UP search


parenting

9 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur yang Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Kamis, 09 Sep 2021 15:28 WIB
Ilustrasi susu formula caption

Ternyata selain membuat tidur lebih pulas, ada banyak lho manfaat minum susu sebelum tidur. Tahukah Bunda bahwa susu adalah salah satu makanan pokok bagi banyak orang sejak zaman kuno? Susu menawarkan sejumlah manfaat kesehatan karena memiliki beberapa vitamin dan mineral penting untuk kesehatan terutama untuk Si Kecil, Bunda.

Susu juga dianggap sebagai makanan sehat. Oleh karena itu, memulai hari dengan segelas susu adalah hal yang tepat. Namun, ternyata sebagian besar ahli juga menyarankan minum susu hangat sebelum tidur malam. Hal ini karena mengonsumsi susu sebelum tidur dapat membantu rileks dan tidur lebih nyenyak setelah kegiatan melelahkan seharian penuh.

Selain membantu Si Kecil tidur nyenyak, masih ada lagi beberapa manfaat minum susu sebelum tidur lho, berikut di antaranya, dilansir dari Parenting First Cry.


1. Membantu tidur nyenyak

Minum susu sebelum tidur dapat sangat meningkatkan kualitas tidur Si Kecil. Susu memiliki triptofan dan peptida bioaktif yang secara positif dapat mempengaruhi pola tidur. Dalam banyak kasus, segelas susu sebelum tidur biasanya menjadi trik untuk mendapatkan relaksasi yang sangat dibutuhkan dan tidur 8 jam terutama pada orang yang sulit tidur karena stres.

2. Cegah ngemil di malam hari

Minum susu di malam hari dapat membuat Si Kecil merasa kenyang yang dapat mencegahnya bangun karena rasa lapar. Orang-orang dapat berhasil melawan keinginan ngemil tengah malam mereka hanya dengan minum secangkir susu hangat tanpa khawatir berat badan bertambah. Selain itu, susu merupakan sumber protein penting yang dapat membantu menjaga kadar gula darah dan memastikan tingkat energi yang cukup.

3. Membangun tulang yang sehat

Susu memiliki kadar vitamin D yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat. Dengan demikian, susu dapat mendukung tubuh dalam penyembuhan dirinya sendiri dan dalam pembaruan kandungan vitamin D yang berkurang. Selanjutnya, vitamin D dapat mengimbangi terjadinya dan bahaya yang disebabkan oleh banyak penyakit seperti osteoporosis, juga disebut penyakit 'tulang rapuh', penyakit jantung dan diabetes.

4. Mendorong kulit sehat

Ada banyak manfaat minum susu sebelum tidur untuk kulit. Asupan susu secara teratur dapat memperbaiki kondisi kulit. Susu memiliki vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit membuatnya tampak bercahaya dan indah. Vitamin A yang ada dalam susu dapat mendukung pembentukan sel baru.

5. Memberikan energi

Minum susu hangat sebelum tidur di malam hari dapat berdampak signifikan pada hari Si Kecil berikutnya. Bunda berkemungkinan untuk bangun dengan penuh energi dan direvitalisasi. Ini dapat membantu memulai hari dengan penuh semangat dan memungkinkan untuk tetap aktif sepanjang hari.

6. Mengurangi tingkat stres

Menuangkan secangkir susu sebelum tidur bisa menjadi teknik yang bagus untuk mengurangi stres. Protein, Lactium yang ditemukan dalam susu dapat menghasilkan pengaruh yang menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang dikeluarkan oleh tubuh saat sedang stres. Lactium dapat mempengaruhi reseptor otak untuk membantu mengendalikan stres dan kecemasan.

7. Menyehatkan pencernaan

Campuran ajaib madu dan susu dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan yang diinginkan. Salah satu manfaat minum susu dengan madu sebelum tidur termasuk pencernaan yang sehat. Susu, bila dikombinasikan dengan madu, bekerja sebagai prebiotik yang dapat memelihara pertumbuhan bakteri baik dan menghilangkan bakteri jahat penyebab penyakit di usus.

8. Perlindungan terhadap pilek dan batuk

Menyeruput susu hangat yang dibuat dengan menambahkan sedikit kunyit di malam hari bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan gejala pilek dan batuk. Sifat antioksidan dan antibakteri susu kunyit dapat mempercepat proses pemulihan dan bahkan mencegah manifestasinya.

9. Memerangi gangguan usus

Minum susu dingin di malam hari dapat segera meredakan keasaman dan dapat membantu mengatasi masalah perut umum lainnya seperti sembelit, perut kembung. Asam laktat yang ada dalam susu dapat membantu menetralkan penumpukan keasaman di usus. Selain itu, susu dengan kandungan kalsium yang tinggi dapat menyerap kelebihan asam yang diproduksi di perut sehingga berhasil mengurangi gejalanya.

Mengonsumsi susu hanya di malam hari belum tentu membuat Si Kecil langsung tertidur. Tetapi susu malam sebagai bagian dari rutinitas harian keluarga Bunda dapat membuktikan kebiasaan yang sehat dan mungkin merupakan bantuan tidur alami yang efektif. 

Meski susu memiliki banyak manfaat, namun Bunda juga perlu memperhatikan apakah Si Kecil memiliki riwayat alergi susu sapi. Bunda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan susu sapi pada anak. 

Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!