sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Pilih Daycare dan Kelompok Bermain untuk Anak saat Bunda Kembali WFO

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 09 Nov 2021 19:26 WIB
TIPS PILIH DAYCARE: FASILITAS LENGKAP
daycare caption

Tips memilih daycare dan kelompok bermain untuk anak

Selama masa pandemi ini, Bunda perlu cermat memilih daycare dan kelompok bermain untuk Si Kecil ya. Melansir dari beberapa sumber, berikut 3 tips memilih daycare untuk anak saat Bunda WFO.

1. Pastikan ada batasan interaksi

Dokter anak di Duke University, Dr Charlene Wong mengatakan bahwa memisahkan anak-anak ke dalam kelompok yang berbeda itu penting selama di daycare. Selain itu, daycare perlu memberikan batasan interaksi antara para siswa dan guru.

Seperti kita tahu, meminta anak jarak bisa sangat sulit. Namun, membatasi jumlah orang yang kontak langsung di daycare atau kelompok bermain bisa membatasi risiko paparan.


"Jika ada kasus COVID-19, maka jumlah orang yang terpapar bisa seminimal mungkin," katanya, dikutip dari USA Today.

2. Pastikan kebersihan daycare secara menyeluruh

Bunda perlu memastikan kebersihan daycare sebelum mendaftarkan anak ya. Tak cuma kebersihan ruangan bermain, tapi juga mainan di sana.

Virus dan bakteri tertentu bisa menyebar di permukaan mainan, bahkan sebelum ada virus Corona. Meski tidak ada dokumentasi, setidaknya Bunda tahu jadwal pembersihan daycare.

3. Tersedia fasilitas penunjang kesehatan yang lengkap

Fasilitas penunjang kesehatan anak selama di daycare harus lengkap. Misalnya, alat cek suhu tubuh hingga safety plan anak selama di daycare.

Bunda juga perlu melihat kesigapan staf sebelum memilih daycare atau kelompok bermain untuk anak ya. Pilihlah daycare yang mengedepankan aspek keterbukaan, seperti memasang CCTV untuk diakses orang tua dan rutin melaporkan kondisi anak.

Fasilitas penting yang juga tak boleh diabaikan adalah penerapan protokol kesehatan. Daycare dan kelompok bermain yang baik seharusnya sudah menerapkanĀ protokol kesehatan yang ketat sebelum beroprasi.

Selain menjaga jarak, Bunda perlu memastikan ketaatan daycare soal penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jangan sampai anak tertular virus atau bakteri karena anak lain tidak patuh aturan.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!