sign up SIGN UP search

parenting

9 Tanda Kiamat Besar yang Bisa Diajarkan ke Anak, Bunda Perlu Tahu

Tim HaiBunda Rabu, 10 Nov 2021 18:22 WIB
Muslim Ilustrasi Bunda Menjelaskan Tanda Kiamat Besar pada Anaknya/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda perlu mengajarkan anak untuk percaya dan meyakini hari kiamat ya. Salah satu dari enam rukun Iman adalah meyakini bahwa dunia dan seisinya pasti akan berakhir.

Tanda-tanda kiamat pun sudah diterangkan dalam Al-Qur'an dan hadis Rasulullah SAW. Mengutip buku KIAMAT Dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains karya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, dijelaskan bahwa penjelasan tentang kiamat atau Hari Akhir sering dikaitkan dengan keimanan kepada Yang Mahakuasa di dalam Al-Qur'an dan hadis.

"Salah satu pilar dasar Islam adalah keyakinan adanya kiamat, yang dalam Al-Qur'an dan hadis sering disebut dengan Hari Akhir. Penyebutan ini mengisyaratkan bahwa kiamat terkait erat dengan
saat-saat terakhir alam semesta dan kehidupan makhluk. Kiamat adalah sebuah fenomena logis dari keberadaan semua yang ada di jagat raya," kata penulis buku.


Etimologi kiamat terserap dari kosakata bahasa Arab, yaki qama, yaqumu, qiyaman, yang berarti berdiri, berhenti, atau berada di tengah. Kiamat atau al-qiyamah dapat diartikan sebagai kebangkitan dari kematian, yaitu dihidupkannya manusia pasca kematian.

Banner Manfaat Air Mawar

Sementara itu, hari kiamat atau yaumulqiyamah berarti hari atau saat terjadinya kebangkitan (manusia) dari kubur. Salah satu hadis yang menyebutkan tanda kiamat adalah sebagai berikut:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ فَتَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ، وَيَكُونَ الشَّهْرُ كَالْجُمُعَةِ، وَتَكُونَ الْجُمُعَةُ كَالْيَوْمِ، وَيَكُونَ الْيَوْمُ كَالسَّاعَةِ، وَتَكُونَ السَّاعَةُ كَاحْتِرَاقِ السَّعَفَةِ.

Artinya: "Saat akan tiba kiamat, zaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam, dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api." (HR At Tirmidzi)

Meski tanda-tanda kiamat telah dijelaskan secara detail, tapi tidak ada satu pun makhluk yang mengetahui kapan waktu terjadinya kiamat, Bunda. Bahkan tak seorang pun nabi dan rasul pun mengetahuinya.

Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan kiamat, seperti tertuang dalam surat Al A'raf ayat 187, yang berbunyi:

قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Meyakini adanya kiamat berarti Bunda perlu mengetahui tanda-tandanya. Ada tanda-tanda kiamat besar atau kubro yang bisa dijelaskan ke Si Kecil lho. Apa saja tanda-tanda tersebut?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 4 sifat Nabi Muhammad SAW yang bisa diajarkan ke anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!