sign up SIGN UP search


parenting

5 Sosok yang Muncul Jelang Hari Kiamat, Bisa Jadi Pengetahuan Anak Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 16:40 WIB
Planet Earth and big asteroid in the space. Concept a potentially hazardous object (PHO). Potentially hazardous asteroids (PHAs). Asteroid in outer space near Earth planet. Stony-iron meteorite is solar system. Elements of this image furnished by NASA. ______ Url(s): caption
Jakarta -

Hari kiamat adalah hari yang pasti akan datang kepada seluruh umat manusia, Bunda. Hanya saja, tidak ada yang tahu kapan kiamat akan datang.

Dalam Al-Quran surah Al-Hajj ayat 7 dijelaskan bahwa sesungguhnya kiamat akan datang, Bunda. Pada hari ini juga, seluruh manusia yang sudah berada di dalam kubur akan dibangkitkan. Berikut ini bacaan surahnya:

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ


Bacaan latin: Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

Salah satu tanda datangnya hari kiamat adalah munculnya Dajjal,Bunda. Tak hanya Dajjal, ternyata ada pula sosok lain yang akan muncul bergantian maupun bersamaan dengan Dajjal.

Keterangan ini didasarkan pada pendapat ulama fiqih aliran Mazhab Syafi'i Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Pendapatnya ini terangkum dalam buku Teologi Al Banjari yang diterjemahkan oleh Khairil Anwar.

Sosok yang datang jelang hari kiamat

Setidaknya ada 5 sosok yang akan datang jelang hari kiamat, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Dabbbah

Secara bahasa, Dabbah adalah jenis binatang melata yang dapat berbicara, Bunda. Dabbah memiliki ciri yang ganjil seperti yang didefinisikan Ibnu Abbas, yakni berambut dan berbulu dengan banyak warna, memiliki empat kaki, dan berwajah manusia.

Kedatangan Dabbbah jelang hari kiamat ini didasarkan pada salah satu riwayat hadis yang diceritakan oleh Abdullah bin Amr. Ia mengutip perkataan Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

2. Imam Mahdi

Imam Mahdi merupakan sosok pemimpin muslim menjelang hari kiamat kelak. Menurut sebuah hadis, Imam Mahdi diberi tugas selama 78 tahun lamannya dalam memimpin kelompok muslim.

Dalam hadis disebutkan bahwa masa kepemimpinan Imam Mahdi menjadi masa yang berjaya, Bunda. Berikut ini arti dari hadisnya:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun." (HR Al Hakim).

Hingga pada suatu waktu, pasukan Imam Mahdi akan terkepung oleh pasukan Dajjal di dalam Bayt al Maqdis. Di sinilah Imam Mahdi berdoa kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan.

Kira-kira sosok apa lagi yang akan muncul jelang hari kiamat ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video 7 tanda anak kesepian berikut ini:

(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!