sign up SIGN UP search

parenting

4 Tips Jitu Bujuk Suami agar Mau Terlibat Mengurus Si Kecil

Nanie Wardhani Sabtu, 20 Nov 2021 14:05 WIB
Close up of a happy young family playing at home Ilustrasi mengajak suami terlibat mengurus anak/Foto: iStock

Jakarta - Menjadi orang tua dan memastikan tumbuh kembang Si Kecil berjalan dengan baik memang bukanlah hal mudah. Kebutuhan Si Kecil untuk bisa tumbuh menjadi manusia yang terbaik tidak hanya dalam bentuk nutrisi, tapi juga dalam sisi psikologisnya.

Dalam hal ini, peran Bunda saja tidaklah cukup, tapi peran dan kehadiran Ayah juga sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang Si Kecil.

Arti penting peran Ayah dalam proses tumbuh kembang Si Kecil tidak bisa dinomorduakan, Bunda. Walau peran Bunda memang yang utama, tapi kehadiran sosok Ayah juga sangat penting dan sangat berperan besar, terutama untuk mengimbangi peran Bunda dalam prosesnya.


"Peran Ayah dalam tumbuh kembang anak itu besar banget, berdasarkan penelitian terbaru dari 5 tahun terakhir dari beberapa universitas besar di dunia, seorang Ayah yang baru punya bayi juga bahagianya sama besarnya seperti Bunda, hal ini karena hormon oksitosin juga berkembang besar sekali dan ini membuat Ayah merasa seolah jadi seperti pahlawan bagi anaknya," ujar Samantha Elsener MPsi, psikolog anak & keluarga dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, Selasa (16/11/2021).

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Namun pada praktiknya, mengajak suami untuk turut berperan besar dan terlibat dalam proses mengurus Si Kecil dari masih bayi memang bukanlah hal yang mudah, Bunda. Padahal Ayah memiliki peran untuk menanamkan sikap berani dan kepemimpinan pada anak serta berpikir rasional.  

Sebenarnya, mungkin para Ayah juga merasa bersalah karena tidak bisa optimal berpartisipasi dalam tumbuh kembang Si Kecil karena pekerjaan, jarak, kesibukan, atau hubungan pernikahan yang tidak sehat.

Tapi walau ada rasa bersalah, kadang karena adanya mekanisme pertahanan diri yang berbeda-beda, ada Ayah yang jadi menutupinya karena malu, tidak ingin diketahui bahkan oleh pasangan sendiri, dan hal itu malah menciptakan sebuah tembok pembatas. 

"Hal itu pun membuat suasana jadi kurang menyenangkan. Misalkan saat Bunda minta Ayah lebih dekat dengan anak, si Ayah malah marah, padahal dalam dirinya ada rasa bersalah dan ingin memperbaiki keadaan, tapi tidak mau jika ditegur langsung oleh Bunda. Dan karena itu jadi berantem lebih besar," tambah Samatha.

Lalu bagaimana cara meyakinkan suami bahwa bonding dengan Si Kecil itu bukan cuma urusan Bunda tapi juga Ayah? Simak tipsnya dari Samantha di halaman berikut.

Simak pula video tentang penjelasan bidan tentang pentingnya peran ayah dalam persalinan di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TIPS MEYAKINKAN SUAMI UNTUK LEBIH TERLIBAT DALAM MENGURUS SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!