sign up SIGN UP search


parenting

7 Alat Musik Harmonis dan Bedanya dengan Melodis, Bisa Dikenalkan ke Anak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 09 Dec 2021 19:26 WIB
Anak bermain alat musik caption
Jakarta -

Si Kecil punya bakat di bidang musik, Bunda? Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bakat anak ya, Bunda.

Salah satu cara mengasah bakat anak di bidang musik adalah dengan mengajarinya bermain alat musik. Anak yang menguasai alat musik umumnya mudah mengenal nada dan bisa menciptakan lagu.

Nah, sebelum mengenalkan anak dengan alat musik, Bunda perlu jelaskan dulu nih jenis-jenisnya sesuai kegunaan. Ada tiga jenis alat musik yang bisa dikenalkan ke anak, yakni alat musik melodis, ritmis, dan harmonis.


Ketiga jenis alat musik ini berbeda ya. Meski begitu, ada pula alat musik yang masuk dalam jenis yang sama.

Jenis alat musik

M. Noor Said dalam buku Nada dan Irama menjelaskan bahwa instrumen adalah suatu bunyi atau suara yang dikeluarkan beberapa alat musik yang selaras dengan nada-nada dari vokal. Ada 3 jenis alat musik yang bisa dikenalkan ke anak, yakni:

1. Alat musik melodis

Alat musik ini adalah jenis yang bernada, tetapi tidak bisa membentuk accord. Contohnya, biola, recorder, pianika, harmonika, saxophone, atau trompet.

"Accord adalah rangkaian tiga buah nada atau lebih, yang bila dibunyikan secara serempak maka akan terdengar indah dan harmonis," kata M. Noor Said.

2. Alat musik ritmis

Alat musik ini berfungsi untuk menegaskan ketukan dan biasanya tidak bernada, Bunda. Contoh alat musik ritmis adalah drum, gendang, tamborin, castanyet, triagle, dan gong.

3. Alat musik harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang mampu membuat melodi dan mampu membentuk accord. Contoh alat musik harmonis adalah gitar, piano, dan keyboard.

Dalam pembahasan kali ini, HaiBunda akan menjelaskan contoh alat musik harmonis yang bisa dikenalkan Si Kecil.

Alat musik harmonis

Alat Musik MelodisAlat Musik Harmois, Gitar/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Alat musik harmonis merupakan alat musik yang dapat menghasilkan paduan accord secara harmoni. Jenis alat musik ini umumnya digunakan untuk mengiringi lagu, Bunda.

"Alat musik harmonis yaitu ang di dalam permainan lebih berperan sebagai pembawa paduan (accord atau akor)," ujar Endang Sriningsih, S.Pd., M.Pd., dalam buku SAC Media Tepat Belajar Ansambel.

Menurut Endang, alat musik harmonis sebenarnya dapat berdiri sendiri, baik dalam hal melodi, ritme, atau paduan nada iringannya. Hal tersebut yang membuat beberapa ahli menyebut alat musik harmonis sebagai alat musik soliter.

Contoh alat musik harmonis

Banyak contoh alat musik harmonis bisa dikenalkan ke Si Kecil ya, Bunda. Berikut 5 contoh alat musik harmonis, seperti melansir dari laman Britannica dan buku Mengenal Alat Musik Konvensional karya Eny Kusrini:

1. Gitar

Gitar adalah alat musik melodis dan harmonis yang berasal dari Spanyol. Cara memainkan alat musik ini dengan dipetik ya, Bunda.

Berdasarkan sumber bunyinya, gitar dibedakan menjadi dua. Ada gitar akustik dan gitar elektrik.

"Gitar akustik sumber bunyinya berasal dari kotak resonasi atau badan gitar. Sedangkan gitar elektrik, sumber bunyinya berasal dari aliran listrik," ujar Eny Kusrini.

2. Biola

Biola pertama kali diciptakan oleh orang Italia bernama Stadivairus, Bunda. Alat musik yang sering disebut violin ini terdiri dari empat senar.

Bentuk biola terbagi menjadi kepala, pasak, leher, papan jari, dan penyetel. Alat musik yang mirip gitar ini dimainkan dengan cara digesek.

Tongkat penggeseknya terbuat dari kayu. Sementara itu, benang penggeseknya terbuat dari rambut ekor kuda jantan.

3. Piano

Side view of girl playing piano. Cute female child is practicing on musical instrument. She is at home.Ilustrasi anak main alat musik harmonis, piano/ Foto: iStock

Alat musik piano pertama kali dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Kata piano berasal dari Bahasa Italia, yakni pianoforte.

Piano dimainkan dengan cara ditekan tuts-tuts yang berwarna hitam dan putih. Tuts warna hitam menghasilkan nama kromatik, sedangkan warna putih menghasilkan nada natural.

Alat musik piano terdiri dari beberapa jenis, yakni clavicembalo, snipet, grand piano, dan upright piano. Meski berbeda nama, cara memainkan alat musik tersebut tetap sama.

4. Keyboard

Keyboard memiliki bentuk yang lebih kecil dari piano, Bunda. Cara memainkan alat musik ini sama dengan piano ya.

Sumber bunyi keyboard dihasilkan dari aliran listrik. Instrumen ini biasanya tidak dikaitkan dengan musik rakyat atau daerah, dan selama abad ke-20, penggunaannya tersebar luas di dunia Barat.

5. Cello

Alat musik cello mirip dengan biola, namun bentuknya lebih besar. Alat musik ini dimainkan dalam posisi berdiri dan dengan cara digesek, Bunda.

Cello mulai berkembang selama abad ke-16 dan dulu dibuat dengan lima senar. Memasuki abad ke-17 dan le-18, cello menggantikan alat musik bernama viola da gamba sebagai instrumen tunggal.

Cello dikenal sebagai alat musik bass dari grup biola. Alat musik cello memiliki empat senar dan suaranya lebih besar dari biola.

6. Harmonika

Harmonika adalah alat musik yang ditiup. Alat musik ini masuk ke dalam jenis alat musik melodis dan harmonis. Suara dari harmonika dihasilkan saat mulut menggerakkan alat musik ke kanan dan kiri atau digesek sambil ditiup.

Nada harmonika dari tangga nada diatonis (tujuh nada) diperoleh dengan meniup dan menggesek alat musik di mulut secara bergantian. Sebuah not dapat dimainkan dengan baik saat pemainnya meniup sambil memilih lubang yang diinginkan pada alat musik atau dengan menutupi lubang yang tidak diinginkan dengan lidah.

7. Harpa

Harpa adalah alat musik yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno, Bunda. Alat musik harpa disebut sebagai alat musik tertua di dunia.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik oleh dua jari tangan. Hampir sama dengan cello, alat musik petik ini memiliki ukuran yang besar dan dimainkan dalam posisi duduk.

Setiap senar harpa menghasilkan satu nada. Gradasi panjang senar dari yang pendek ke panjang sama dengan tinggi ke rendah.

Simak juga cerita anak Asri Welas yang bikin lagu usai dibully, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!