sign up SIGN UP search


parenting

3 Jenis Masker Ini Dinilai Tak Efektif Halau Varian Omricon

Prita Daneswari   |   Haibunda Minggu, 19 Dec 2021 09:27 WIB
Woman with hands in latex glove holding protective medical white mask. caption
Jakarta -

Bunda, varian COVID-19 Omricon sudah ada di Indonesia. Jadi, kita harus tetap waspada ya dengan terus menerapkan protokol kesehatan serta senantiasa menjaga imunitas tubuh. Apalagi, varian Omricon ini tidak memiliki gejala umum COVID-19 seperti demam dan batuk.

Nah, sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran varian Omicron di Indonesia, kita tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan khususnya dalam penggunaan masker.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, menyarankan beberapa jenis masker yang efektif menangkal virus Corona. Yakni, jenis masker seperti N95 yang harus digunakan para petugas medis dan masker double (masker bedah ditambah masker kain) untuk penggunaan sehari-hari.


Lalu, apa saja jenis masker yang tidak dianjurkan sebagai upaya pencegahan terinfeksi varian Omicron? Yang pertama adalah masker katup, Bunda. Ahli pernapasan dari RS Paru Persahabatan dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K) mengatakan masker katup malah berbahaya jika digunakan.

"Masker katup itu embusan napas dari pemakai keluar, sehingga kalau pemakai masker katup itu sakit COVID-19, udara yang keluar dari masker membahayakan sekitarnya, jadi tidak disarankan," ujar dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K), kepada detikcom, Sabtu (27/11/2021).

Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal GarutBanner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut/ Foto: HaiBunda/Mia

Ahli pernapasan dari RS Paru Persahabatan dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K) mengatakan jenis masker yang tidak disarankan untuk digunakan yang pertama adalah masker katup karena malah menimbulkan bahaya jika digunakan.

"Masker katup itu hembusan napas dari pemakai keluar, sehingga kalau pemakai masker katup itu sakit COVID-19, maka udara yang keluar dari masker membahayakan sekitarnya, jadi tidak disarankan," ujar dr Agus Dwi Susanto, Sp P(K). Ingin tahu jenis masker lainnya? 

BACA SELENGKAPNYA DI SINI

Simak juga video tentang isi tas siaga COVID-19 untuk anak di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!