sign up SIGN UP search


parenting

Pubertas: Pengertian dan 3 Ciri-ciri Pubertas pada Anak Perempuan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 18:31 WIB
Friend comforts fellow student after he has been bullied outside the elementary school building,  Other students in background laugh at boy behind his back. Ilustrasi ciri pubertas anak perempuan/Foto: iStock
Jakarta -

Ciri-ciri pubertas anak perempuan sangat penting untuk diketahui oleh Ayah dan Bunda. Pasalnya tidak semua anak bisa memahami masa pubertas ini sehingga tugas Ayah dan Bunda untuk memberi pengertian kepadanya.

Pengertian Pubertas

Berbicara mengenai pubertas pastinya semua orang pasti akan mengalaminya.Namun biasanya, anak-anak yang baru saja mengalami pubertas akan merasa kebingungan tentang semua perubahan fisik yang dialami.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingFoto: HaiBunda/Mia

Pada dasarnya, pubertas merupakan sebuah fase yang dialami oleh anak-anak menuju usia remaja. Pubertas ini biasanya dialami oleh anak usia 10 hingga 16 tahun. Di fase ini akan terjadi perubahan hormon yang ditandai dengan perubahan fisik dan hormon.


Baik anak laki-laki maupun perempuan keduanya akan mengalami fase pubertas ini. Di mana prosesnya bisa terjadi rentang usia yang sudah disebutkan di atas, namun bisa juga terjadi lebih cepat.

Pada saat masa pubertas ini, ciri-ciri pubertas anak perempuan akan bermunculan dan merupakan bagian dari proses alamiah pada tubuh manusia. Beri pengertian dan edukasi ya, Bun tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak seusianya.

Ciri Pubertas Pada Anak Perempuan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa semua anak pasti akan mengalami fase pubertas. Namun, perlu diketahui ciri-ciri pubertas anak perempuan ini agar bisa dipahami. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tumbuh payudara

Ciri pubertas anak perempuan yang pertama adalah tumbuhnya payudara. Pertumbuhan payudara umumnya diawali dari bagi puting kemudian salah satu payudara akan mulai membesar. Biasanya akan disertai dengan rasa nyeri, terutama ketika disentuh. Namun rasa nyeri ini perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Tekankan pada anak bahwa tidak boleh ada yang menyentuh bagian payudara ini ya, Bun. Ini adalah bagian vital dari perempuan yang menjadi identitas penting untuk kehormatannya.

2. Kemaluan tumbuh rambut

Pubertas anak perempuan juga ditandai dengan adanya pertumbuhan rambut pada kemaluan. Biasanya diawali dengan rambut halus, kemudian lama kelamaan akan menjadi agak keriting dan tumbuh lebih banyak.

3. Mengalami haid

Tanda pubertas anak perempuan yang terakhir yaitu mengalami menstruasi atau haid. Haid adalah bagian dari proses pubertas anak perempuan yang mana biasanya dialami kurang lebih 2 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Namun sebelum adanya proses haid ini, biasanya anak perempuan juga akan sedikit mengalami keputihan yaitu berupa lendir putih yang keluar dari kemaluan.

Dengan memahami beberapa ciri-ciri pubertas anak perempuan di atas, maka diharapkan nantinya Bunda bisa memberikan pengertian kepada anak. Tujuannya agar anak tidak kebingungan mengenai perubahan yang sedang dialaminya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai keseruan keluarga Jennifer Bachdim.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!