sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Menenangkan Anak Takut Suntik Vaksin Seperti Dilakukan Marsha Timothy

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 04 Jan 2022 20:25 WIB
marsha timothy. Marsha Timothy Bersama Anaknya/ Foto: Instagram @marshatimothy
Jakarta -

Anak semata wayang Marsha Timothy dan Vino G.Bastian, Jizzy Pearl Bastian, baru saja suntik vaksin COVID-19, Bunda. Momen tersebut dibagikan Vino di Instagram miliknya belum lama ini.

Jizzy yang kini berusia 8 tahun terlihat mengunjungi klinik dokter untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Saat mendapatkan suntik vaksin, Jizzy dipangku sang Bunda nih.

Dalam video singkat yang dibagikan Vino, Jizzy tampak meringis saat jarum disuntik di lengannya. Marsha Timothy yang memangku Jizzy terlihat memeluk dan berusaha menenangkan putrinya.


"1st Jab covid-19 Vaccine, Good job Baby Girl. Thank you pak @jokowi dan semua yg ikut andil. Thk you dokter @reihanerena," tulis Vino, dikutip dari Instagram @vinogbastian__, Senin (3/1/21).

Banner Pencerah Wajah Kusam

Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas memang sudah dimulai. Pemberian vaksinasi ini bisa menjadi kendala baru, terutama bagi anak yang takut jarum suntik.

Melansir Parents, faktanya memang banyak anak kecil mendapatkan lebih dari 20 suntik vaksin saat mereka berusia 4 tahun. Jarum suntik vaksin memang dapat melindungi anak dari berbagai penyakit. Tapi, ini juga bisa menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan trauma.

Cara menenangkan anak yang suntik vaksin

Untuk mencegah trauma, Bunda perlu membantu anak mengatasi rasa takutnya dengan jarum suntik. Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 7 cara menenangkan anak yang takut suntik:

1. Jangan berbohong ke anak

Bunda harus jujur ke anak saat mereka bertanya tentang suntik vaksin ya. Jangan pernah berbohong atau mengabaikan pertanyaan anak karena mereka perlu tahu kenyataannya.

"Pastikan mereka tahu bahwa suntikan adalah sesuatu yang melindungi mereka dan jelaskan bahwa mereka tidak sedang dihukum," kata Margaret Fisher, M.D., ketua Bagian Penyakit Menular di American Academy of Pediatrics (AAP).

Bunda juga enggak boleh mengatakan bahwa suntikan pasti tidak menyakitkan karena anak bisa belajar bahwa berbohong itu dibolehkan. Selain itu, ini juga bisa bikin anak enggak percaya dengan Bundanya.

Sebaiknya jawab dengan sederhana dan jujur, misalnya 'Ya, itu akan terasa menyakitkan, tapi cuma sebentar kok'. Setelah anak disuntik, pastikan Bunda menunjukkan wajah bahagia dan tersenyum untuk menenangkan anak.

Cara menenangkan anak dari jarum suntik bisa dibaca di halaman berikutnya ya.

Simak juga efek samping vaksin selain demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENENANGKAN ANAK SAAT SUNTIK VAKSIN: ALIHKAN PERHATIANNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!