sign up SIGN UP search


parenting

5 Ucapan Orang Tua yang Melukai Hati Anak, Bikin Si Kecil Sedih dan Rendah Diri

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 07 Jan 2022 19:39 WIB
Ilustrasi anak sedih atau berduka Ilustrasi anak sedih/Foto: Getty Images/iStockphoto/Lacheev

Jakarta - Layaknya orang dewasa, hati anak-anak pun juga sensitif ya, Bunda. Ada kalanya, ada lho ucapan Bunda atau Ayah yang bisa membuat mereka merasa sakit hati.

Hal itu mungkin kerap tak disadari para orang tua saat berbincang dengan anak-anaknya dalam keseharian. Niat hati untuk memberikan 'cambukan' semangat saat mereka melakukan hal yang kurang pas di mata kita, tetapi yang ada mereka malah merasa sedih. Duh, tentu enggak mau kan, anak-anak jadi malah sakit hati mendengar ucapan tersebut.

Perlu Bunda pahami bahwa mengambil kendali secara otomatis tidak akan membantu proses belajar pada anak. Seperti dikatakan Tovah Klein, Director of the Barnard Center for Toddler Development yang mengatakan bahwa penting halnya memberikan pesan yang jelas kepada anak.


"Sangat menggoda untuk ingin membantu anak melalui sesuatu yang sulit, tetapi mereka membutuhkan waktu untuk belajar sendiri," ujarnya seperti dikutip dari laman Redbookmag.

Untuk itu, berikan mereka kepercayaan untuk melewati proses tersebut dan tidak mengatakan bahwa mereka tidak bisa melakukannya dan hanya orang dewasa yang tahu bagaimana cara melakukannya. Karena, ini akan menjadi proses bagi mereka membangun kepercayaan dirinya.

Dengan mengambil alih, proses kepercayaan dirinya tidak bertumbuh dan mereka pun merasa terhina saat Bunda atau Ayah secara tiba-tiba mengambil alih tanpa memberikan mereka kesempatan terlebih dahulu.

Perlu Bunda tahu bahwa mengasuh anak merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan rawan dengan risiko stres. Meski demikian, Bunda dan Ayah harus dapat bersahabat dengan kondisi tersebut dan menjaga hubungan dengan anak-anak tetap stabil serta menjaga tutur kata baik untuk menjadikan mereka anak-anak hebat.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

Hindari mengucapkan kata-kata berikut yang dapat membuat anak merasa sakit hati ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Bestlifeonline:

1. "Kamu lebay"

Betapapun yakinnya bahwa perilaku anak berlebihan, memberikan label 'lebay' ketika mencoba mereka mengekspresikan diri dapat memberikan konsekuensi jangka panjang yang serius.

Anak-anak melihat orang tuanya untuk belajar bagaimana mengelola emosinya. Jadi, jika orangtua mengajari mereka bahwa perasaan mereka tak stabil, mereka juga akan tumbuh menjadi orang yang dewasa yang percaya bahwa perasaan mereka tidaklah penting.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Smak juga video tentang 10 momen bahagia selebriti yang melahirkan di 2021 di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 UCAPAN ORANGTUA YANG MEMBUAT ANAK TERHINA, JANGAN SAMPAI KESELEO LIDAH, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!