sign up SIGN UP search


parenting

5 Doa Pendek yang Bagus Diajarkan ke Anak untuk Kehidupan Sehari-hari

Nanie Wardhani Selasa, 12 Oct 2021 09:36 WIB
Children learning muslim praying with adult woman. caption

Jakarta - Ada banyak sekali doa pendek yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Kecil. Namun, ada 5 doa pendek yang sebaiknya diajarkan ke anak sejak dini agar bisa menjadi tuntunan sebagai umat Muslim yang lebih baik.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama RI, pengertian berdoa adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT, tetapi bukan berarti hanya orang yang terkena musibah saja yang harus memanjatkan doa.

Sebagai seorang Muslim kita memang sebaiknya berdoa walaupun dalam keadaan sehat. Doa merupakan unsur yang paling esensial dalam ibadah. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW, "Doa itu ibadah dan Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdo'a kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang".


Jika kita ingin doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, maka di dalam berdoa kita harus memperhatikan hal-hal pokok sebelum doa dipanjatkan. Lalu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berdoa di antaranya yaitu tata cara, waktu, dan tempat berdoa.

Untuk bisa dijadikan panduan oleh Si Kecil, berikut 5 doa pendek yang bagus diajarkan ke anak untuk menjadi Muslim yang baik.

1. Doa untuk kedua orang tua

Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumma kama rabbayaanii shagiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

2. Doa sebelum tidur

Bismika allahumma ahya wa bismika amut

Artinya: "Dengan nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati."

3. Doa setelah bangun tidur

Alhamdulillahi al-ladhi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi-nnushur

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali."

4. Doa sebelum makan

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

5. Doa setelah makan

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin."

Demikian 5 doa pendek yang harus Bunda ajarkan kepada anak untuk menjadi umat Muslim yang baik, semoga kelak Si Kecil bisa menjadi anak yang berakhlak baik dengan ajaran doa-doa dari Bunda ya. Lalu, bagaimana cara mengajarkan Si Kecil cara berdoa yang benar? Yuk simak lengkapnya di halaman berikut ini.

Simak juga cerita istri Yusuf Mansur yang ingin anak-anaknya jadi penghafal Al-Qur'an dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGAJARKAN SI KECIL UNTUK MULAI BERDOA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!