sign up SIGN UP search


parenting

4 Manfaat & Cara Bermain Sudoku yang Bisa Diperkenalkan ke Anak

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 15:44 WIB
Ilustrasi anak bermain sudoku Ilustrasi cara bermain sudoku/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska

Permainan edukasi pasti akan sangat disukai anak-anak. Dalam perkembangannya, permainan dapat sangat bermanfaat bagi mereka. Waktu Bunda kecil dahulu pun, Bunda pasti memiliki permainan favorit yang sering Bunda mainkan. Tapi kini zaman berubah, dan berbagai permainan berkembang. Salah satu dari permainan itu adalah sudoku.

Sudoku adalah permainan legendaris yang kita semua tahu. Tapi, bagi anak-anak bahkan orang yang tidak mengenali sudoku, akan kesulitan memainkan permainan ini.

Menurut Sudoku Space, sudoku adalah permainan teka-teki penempatan angka berbasis logika yang sangat mudah dipelajari. Sudoku berasal dari frasa Bahasa Jepang yaitu su-ji wa dokushin ni kagiru yang berarti angka harus tunggal. Popularitas dari permainan ini dimulai di Jepang pada 1980-an.


Tahukah Bunda, Si Kecil akan banyak mendapatkan manfaat dari bermain sudoku. Seperti yang dilansir Healthline, mereka yang bermain permainan seperti sudoku akan memiliki kualitas kognisi yang lebih baik.

Manfaat Sudoku

Namun di samping itu, banyak manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan dari permainan seperti Sudoku. Berikut adalah manfaatnya menurut Gamesver.

1. Meningkatkan memori

University of Cambridge meneliti permainan ini. Hasilnya, sudoku sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori, terutama untuk anak berumur 7 hingga 11 tahun. Peningkatan memori dalam rentang umur ini akan sangat bermanfaat untuk Si Kecil!

2. Menumbuhkan penalaran dan cara berpikir

Seperti yang Bunda ketahui, sudoku adalah permainan yang mengandalkan logika dalam cara bermain. Oleh karena itu, sudoku adalah cara yang tepat untuk menumbuhkan penalaran dan cara berpikir SI Kecil. 

Bunda dapat bertanya ‘apa’ dan ‘bagaimana’ saat mendampingi Si Kecil bermain sudoku.

3. Membantu Si Kecil menghafal

Meskipun sudoku melibatkan angka, namun tidak berarti Si Kecil akan menghitung secara utuh. Namun, ia dapat menghafal simbol, angka, dan tentunya pola dalam bermain sudoku.

4. Belajar sabar dan fokus

Jika ada satu manfaat besar yang dapat Si Kecil dapatkan dari bermain sudoku adalah belajar sabar dan fokus. Ya, sudoku akan membuat Si Kecil lebih sabar dan fokus dalam bermain. Namun, manfaat ini akan bertahan lama dan sangat bermanfaat bagi kehidupannya nanti.

Manfaat yang didapat Si Kecil dari Sudoku memang akan lebih dari itu. Namun, mungkin Bunda akan menemui kesulitan dalam mengenalkan permainan ini kepadanya. Karena, sudoku bukanlah permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak di zaman sekarang.

Ilustrasi anak bermain sudokuIlustrasi cara bermain sudoku/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska

Cara mengenalkan sudoku kepada anak

Tidak mudah memang mengenalkan sudoku dibanding permainan anak lainnya kepada Si Kecil. Namun, itu tidak membuat Bunda menyerah. Ada beberapa cara mudah untuk dapat mengenalkan sudoku kepada Si Kecil.

Berikut adalah cara mudah mengenalkan sudoku kepada anak seperti dilansir dari laman Kara Carrero.

Mulai dari grid 3x3

Tentunya, Bunda tidak akan mengenalkan sudoku dengan grid yang kompleks. Bunda dapat memulainya dari grid sederhana 3x3, yang dapat dengan mudah dicerna oleh Si Kecil. Dengan begitu, ia akan lebih mudah mengingat dan bermain sudoku.

Minta Si Kecil tentukan angka/simbol sendiri

Salah satu manfaat dari sudoku adalah mengenalkan Si Kecil terhadap angka atau simbol tertentu. Setelah Bunda mengenalkan sudoku dengan grid yang kecil, maka selanjutnya Bunda dapat minta Si Kecil untuk menentukan angka/simbol sendiri.

Jika memang salah, Bunda dapat mengajarinya lebih lanjut dan menjelaskan mengapa dua angka atau simbol yang sama tidak bisa digunakan.

Menonton video tutorial

Bunda menemui kesulitan? Atau Si Kecil terpecah fokusnya saat Bunda menjelaskan cara bermain? Coba langkah satu ini, yaitu menonton video tutorial bersama.

Tidak dapat dimungkiri, kini anak-anak lebih suka untuk melihat konten visual seperti video di Youtube. Maka untuk memusatkan fokusnya, Bunda bisa mengajarinya dengan video tutorial.

Bunda juga bisa menjelaskan dan memberi contoh langsung kepadanya.

Akhirnya, kenalkan grid yang lebih besar

Setelah Si Kecil dapat bermain dengan benar dan sempurna dengan grid 3x3, Bunda bisa memintanya bertahap untuk ‘naik level’ ke grid yang lebih besar. Seperti 6x6, lalu 9x9.

Dengan begitu, proses nalar dan logikanya pun akan meningkat dan terbiasa untuk memecahkan masalah dalam bermain sudoku.

Itulah manfaat dan cara mengenalkan sudoku kepada Si Kecil. Semoga bermanfaat.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!