sign up SIGN UP search


parenting

Beragam Manfaat Mainan Anak Tradisional untuk Kesehatan Si Kecil

Nanie Wardhani Rabu, 17 Mar 2021 14:32 WIB
Bermain adalah belajar bagi anak, beragam permainan tradisional seperti main karet, layang-layang dan kelereng memiliki manfaat untuk kesehatan si kecil. caption

Bermain adalah kebahagiaan anak-anak. Selain menyenangkan, ternyata bermain juga memiliki manfaat untuk menstimulasi tumbuh kembangnya. Terlebih mainan anak zaman sekarang banyak yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk perkembangan fisik maupun kecerdasan anak, Bun.

Kendati demikian, jangan salah. Permainan tradisional pun tak kalah bermanfaat untuk anak, lho. Kira-kira apa saja ya Bunda, permainan tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil? Mari simak bersama-sama di bawah ini, Bunda.

Bermain Karet atau Lompat Tali

Gerakan pada main karet dan lompat tali bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang tubuh. Saat melompati karet, otot-otot dan tulang di kaki-kakinya akan terlatih. Sementara untuk pemegang karet atau pemutar tali, otot-otot yang terlatih adalah otot bagian atas tubuh.


"Semua putaran terlihat berasal dari pergelangan dan tangan, tapi sebenarnya membutuhkan lengan dan bahu atas untuk mengendalikan dan menstabilkan tali," ungkap Michele Olson, profesor Ilmu olahraga di Huntingdon College, seperti dilansir detikcom.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

Layang-layang

Saat akan menerbangkan layang-layang, dia perlu berlari untuk membuat layang-layangnya terbang terbawa angin. Dari berlari ini, Si Kecil mendapatkan berbagai manfaat sekaligus seperti terjaganya kesehatan persendian tubuh, kesehatan jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan staminanya.

Bermain Kelereng

Manfaat bermain kelereng atau gundu di antaranya adalah untuk mengasah kemampuan motorik halus dan kasar, terutama saat dia harus menyentil kelerengnya. Selain itu juga permainan anak ini akan mengasah fokus, koordinasi visual dan konsentrasinya. Bermain kelereng juga meningkatkan kemampuan kognitif Si Kecil karena dia perlu memikirkan strategi dalam memenangkan permainan.

Egrang

Bermain egrang tentu saja membutuhkan keseimbangan yang tinggi. Dengan sering bermain egrang maka Si Kecil akan lebih terlatih keseimbangannya. Selain itu, tubuhnya juga akan lebih aktif bergerak, dan ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatannya.

Lalu selain menjaga kesehatan, apakah mainan anak tradisional ini memiliki manfaat lainnya untuk Si Kecil? Cek jawabannya di halaman berikut, Bunda.

Pilih mainan anak tidak bisa sembarangan, Bunda. Simak tips memilih mainan sesuai usia, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENTING: ANAK-ANAK BISA BELAJAR DARI BERMAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi