sign up SIGN UP search


parenting

4 Cara Menurunkan Panas pada Bayi Antiribet, Tak Perlu Panik ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 18:47 WIB
Bayi demam Ilustrasi bayi demam/Foto: Getty Images/iStockphoto/simonkr

JakartaDemam pada anak sering kali bikin khawatir ya Bunda. Apalagi bagi ibu baru, memahami cara menurunkan panas pada anak sangatlah penting agar mencegah kepanikan sebelum akhirnya memang membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Saat Si Kecil panas dan rewel, Bunda tentu perlu energi ekstra memastikan bahwa suhu badan anak tetap terpantau dengan stabil, tapi kesehatan Bunda juga tetap terjaga dengan baik.

Dalam hal ini, mengidentifikasi suhu tubuh bayi dengan teratur diperlukan ya, Bunda. Sebab, suhu ini dapat sedikit berbeda dari pagi hingga sore. Suhu tubuh umumnya lebih rendah saat seseorang bangun dan lebih tinggi di sore dan malam hari.


Pada bayi di bawah 3 bulan dengan demam biasanya memerlukan penanganan medis sesegera mungkin untuk mendiagnosis penyebab dan pengobatannya jika perlu, seperti dikutip dari laman Healthline.

Bayi dianggap demam jika suhunya 38 derajat celcius atau lebih tinggi. Dan, demam ringan tidak selalu memerlukan kunjungan ke dokter untuk bayi yang berusia lebih dari 3 bulan.

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

"Gejala panas pada bayi mungkin tidak selalu jelas. Bunda mungkin tidak memiliki termometer, dan tidak selalu dapat merasakan suhunya dengan menyentuh dahinya," ujar Troy Madsen, MD, seorang profesor di University of Utah, seperti dikutip dari laman Insider.

Bunda pun perlu ekstra memerhatikan Si Kecil dengan mengamati gejala lain yang mungkin muncul ya, Bunda, jika pengecekan suhu berkala tidak memungkinkan.

Biasanya, gejala lain yang menunjukkan bayi demam yakni berkeringat lebih dari biasanya, bayi tampak memerah, mereka menjadi lebih haus dari biasanya, dan juga bayi mungkin tampak rewel dan sensitif dari biasanya, kata Madsen.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang obat alami turunkan demam pada anak di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN LANGSUNG PANIK, INI 4 CARA MENURUNKAN PANAS ANTIRIBET
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!