sign up SIGN UP search


parenting

Setelah Ustaz Adi Hidayat, Bayi Natta Reza dan Wardah Maulina juga Ditahnik UAS

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 13 Mar 2022 10:56 WIB
Anak Wardah Maulina dan Natta Reza caption
Jakarta -

Natta Reza dan Wardah Maulia baru saja dikaruniai seorang anak perempuan bernama Zakia Xena Humaira, Bunda. Kehadiran Zakia pun melengkapi kebahagiaan rumah tangga pasangan yang sepakat untuk menikah muda ini.

Beberapa waktu lalu, Natta Reza dan sang istri sepakat untuk melakukan tahnik pada sang anak. Tahnik ini pun dilakukan oleh Ustaz Adi Hidayat pada 30 Januari 2022 lalu, Bunda.

Kegiatan ini pun dibagikan oleh Wardah pada laman Instagramnya. Dengan tahnik ini, Wardah berharap agar sang anak bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur'an seperti sang ustaz.


"Alhamdulillah Zakia hari ini di Tahnik Uztaz @adihidayatofficial. Semga Zakia jadi anak solehah dan bisa menghafal Al-quran seperti Ustaz AH, aminn," katanya dilihat dari akun @wardahmaulina pada Sabtu (12/3/2022).

Selain melakukan tahnik bersama Ustaz Adi Hidayat, Natta dan Wardah juga turut men-tahnik sang anak bersama Ustaz Abdul Somad (UAS), Bunda.

"MasyaAllah tabarakallah, Nak. Semoga menjadi anak solehah, ya, bisa menghafal dan mengamalkan al-quran, aminn," tulis Natta dalam akun @natta_reza.

Banner UMKM Bareng HaiBunda

Tahnik merupakan kegiatan mengunyah kurma atau manisan hingga hancur dan halus yang kemudian dimasukkan ke bagian dalam mulut bayi. Ketika memasukkan kurma, hendaknya dilakukan dengan cara sedikit diputar dan dipijat, Bunda.

Melansir dari buku Tausiyah Nabi untuk Para Bidadari karya Dar El-Irfan, tahnik merupakan kegiatan menyuapkan kurma yang telah dikunyah hingga halus kepada bayi, Bunda. Kegiatan ini disunnahkan kepada orang tua untuk bayi mereka yang baru lahir.

Meski begitu, ternyata ada banyak pendapat ulama tentang tahnik ini. Salah satu yang menjelaskan tahnik adalah Ibnu Hajar al-Asqalani. Ia menjelaskan tahnik dilakukan agar bayi terlatih dengan makanan dan juga untuk menguatkannya.

Saat tahnik dilakukan, hendaknya mulut bayi dibuka sehingga sesuatu yang dikunyah bisa masuk ke dalam perut bayi. Biasanya, tahnik ini menggunakan kurma kering, Bunda.

Selain itu, Imam An-Nawawi menjelaskan tahnik sunnahnya dilakukan dengan menggunakan kurma. Namun, apa bila dilakukan dengan yang selain kurma, kegiatan itu juga sudah termasuk tahnik.

Lantas bagaimana tahnik jika dilihat dalam segi kesehatan ya, Bunda? Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Intip juga video tips menikah muda ala Natta Reza dan Wardah Maulina berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TAHNIK DALAM SISI KESEHATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!