sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Mengatasi Lidah Putih pada Bayi agar Lebih Nyaman saat Menyusu

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 20:00 WIB
Portrait of cute hispanic baby boy caption

Jakarta - Jika bayi Bunda tidak makan makanan padat atau belum memiliki gigi, membersihkan lidahnya mungkin tampak tidak perlu. Tetapi kebersihan mulut tidak hanya untuk anak-anak yang lebih besar lho Bunda, bayi juga membutuhkan kebersihan mulut, dan semakin dini Bunda memulai, semakin baik.

Jika tidak dibersihkan lama kelamaan lidah bayi bisa menjadi putih Bunda. Jika sudah begini, tentu Bunda akan kesulitan untuk membersihkannya. 

Untuk itu, Bunda perlu mengetahui tentang perawatan mulut untuk bayi baru lahir hingga balita Bunda. Melansir dari laman Verywell Family, ada dua hal yang dapat menyebabkan lidah bayi tampak putih yaitu sariawan dan sisa susu. 


Keduanya umum dan dapat membuat lapisan putih tebal di lidah yang terlihat seperti tumpukan tebal. Pada bayi yang sehat, tidak ada yang serius untuk dikhawatirkan Bunda. Meskipun begitu sariawan juga dapat menyebabkan iritasi Bunda. 

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Jadi biasakan untuk membersihkan mulut Si Kecil dan tidak melewatkan bagian lidah juga ya Bunda. Jika penyebab lidah putih bayi adalah karena sisa susu, penting bagi orangtua untuk membersihkan lidah Si Kecil setiap sehabis menyusu ya Bunda. 

"Kebersihan mulut yang baik dimulai sejak usia dini. Meskipun anak Anda tidak akan ingat bahwa lidah dan gusi mereka dibersihkan saat baru lahir, rutinitas ini berkontribusi pada kesehatan mulut mereka secara keseluruhan, dan membantu mereka mempertahankan kebiasaan baik seiring bertambahnya usia," kata Karen Gill dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Kamis (31/3). 

Untuk itu, Bunda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah dan merawat lidah putih pada bayi agar tetap terjaga kebersihan mulut Si Kecil Bunda.

Cute little baby boy with little rabbit in bed after bath, baby after shower, cute child smiling at camera, bunny hext to  him3 Cara Mengatasi Lidah Putih pada Bayi agar Lebih Nyaman saat Menyusu / Foto: iStock

Dokter biasanya akan mendiagnosis lidah putih ini dengan melihat ke dalam mulut bayi Bunda. Perawatan akan tergantung pada tingkat keparahan.

Kasus ringan yang tidak memengaruhi pemberian makan bayi Bunda mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun dan akan hilang dalam satu atau dua minggu.

Sementara untuk kasus sedang hingga parah biasanya diobati dengan obat antijamur Bunda. Ini diterapkan langsung ke bercak putih beberapa kali sehari dengan aplikator atau penetes.

Simak terus penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda. 

Saksikan juga video tentang lidah putih pada bayi, kenali penyebab dan cara membersihkannya.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI LIDAH PUTIH BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!