sign up SIGN UP search


parenting

Bahaya Bakteri Salmonella yang Diduga Ada di Kinder Joy, Bisa Bikin Anak Mencret

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 13 Apr 2022 08:55 WIB
Kinder Joy caption
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghentikan sementara peredaran produk Kinder Joy di Indonesia, Bunda. Hal ini terkait laporan dugaan kontaminasi bakteri Salmonella dalam produk tersebut.

"Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella. Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," demikian pernyataan BPOM di laman resminya, dikutip Selasa (12/4/22).

BPOM akan melakukan tindakan random sampling dan pengujian di seluruh Indonesia pada produk merek Kinder yang terdaftar, yakni Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk ini berasal dari India dan diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.


Banner Anak Siti KDI DibullyFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Pada 2 April 2022, FSA (Food Standard Agency) Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid) dengan gejala ringan yang ditimbulkan adalah diare, demam, dan kram perut. Korban yang terdampak sebanyak 63 orang anak-anak, namun tidak sampai menyebabkan kematian.

Bakteri Salmonella memang berbahaya untuk anak-anak, Bunda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), anak-anak di bawah 5 tahun menjadi kelompok paling rentan terinfeksi Salmonella, Bunda. Bayi di bawah 12 bulan yang tidak mendapatkan ASI juga bisa dengan mudah terpapar bakteri ini.

Dilansir Mayo Clinic, bakteri Salmonella adalah bakteri yang hidup di usus manusia, hewan, dan burung. Kebanyakan orang terinfeksi Salmonella dengan memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh feses. Makanan yang biasanya terinfeksi termasuk daging mentah, telur mentah, serta buah dan sayuran yang telah terkontaminasi.

Banyak makanan menjadi terkontaminasi bakteri ini ketika disiapkan oleh orang-orang yang tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet atau mengganti popok. Infeksi juga dapat terjadi jika Anda menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, termasuk hewan peliharaan, terutama burung dan reptil, kemudian memasukkan jari ke dalam mulut.

Lalu apa saja bahaya bakteri Salmonella bila masuk ke tubuh manusia? Bagaimana pula perawatan infeksi dari bakteri ini ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga penjelasan tentang cara bakteri Salmonella masuk ke tubuh, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!