sign up SIGN UP search


parenting

10 Tantangan yang Mungkin Dihadapi Ibu Baru di Tahun Pertama setelah Melahirkan

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 20:02 WIB
Beautiful woman holding a newborn baby in her arms 10 Tantangan yang Mungkin Dihadapi Ibu Baru di Tahun Pertama setelah Melahirkan/Foto: Dok. iStock

Jakarta - Saat Si Kecil telah terlahir ke dunia, dimulailah perjalanan indah Bunda sebagai seorang ibu. Namun, faktanya menjadi seorang ibu tidak semudah yang dibayangkan ya Bunda, ada beberapa tantangan yang akan dihadapi. Namun, saat berhasil melewatinya, Bunda akan merasa sangat bahagia dan bersyukur.  

Khususnya, seorang Bunda baru mungkin akan menemui banyak hal baru saat mengasuh Si Kecil. Walaupun kelahiran Si Kecil adalah saat yang membahagiakan, ada banyak perubahan yang perlu dilakukan Bunda di hari-hari mendatang.


Lalu, apa saja tantangan yang akan Bunda hadapi di tahun pertama menjadi seorang ibu? Simak berikut ini, ya Bunda.

1. Beradaptasi dengan perubahan

Seorang ibu baru perlu belajar untuk mengatasi tanggung jawab menyusui dan mengasuh bayi mereka serta merawat diri mereka sendiri. Bunda membutuhkan beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang berubah ini.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

2. Menyusui Si Kecil

Melansir dari laman Baby Gaga, bagi kebanyakan ibu menyusui bayi tidak semudah itu dan butuh waktu berminggu-minggu untuk melakukannya dengan benar. Banyak ibu baru yang merasakan banyak tekanan untuk merasa alami dan pandai dalam aspek menyusui. Jadi, ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang mereka harapkan, itu dapat menyebabkan stres.

Pakar laktasi mengatakan menjadi santai adalah setengah dari perjuangan. Jika seorang ibu tegang dan frustrasi dengan menyusui, itu tidak akan ada gunanya bagi Si Kecil. Jika seorang ibu benar-benar berjuang dengan menyusui, dia bisa mendapatkan bantuan dari konsultan laktasi.

3. Merasa tidak sempurna

Ada banyak sumber daya yang baik yang mencakup aspek fisik merawat anak dan psikologis. Kenyataannya adalah tidak peduli seberapa siap Bunda, hal-hal tidak selalu akan berjalan sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam sebuah buku atau seminar.

Namun, banyak Bunda yang berharap untuk menjadi sempurna dalam setiap aspek merawat bayi yang baru lahir. Seorang ibu baru perlu mengurangi kelonggaran dan menyadari bahwa mereka adalah manusia biasa dan tidak ada Bunda yang melakukan semuanya dengan sempurna, sepanjang waktu.

New mom holds her newborn baby in the hospital.10 Tantangan yang Mungkin Dihadapi Ibu Baru di Tahun Pertama setelah Melahirkan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix

4. Kurang tidur

Saat hamil, banyak wanita yang menyadari fakta bahwa mereka tidak akan mendapatkan banyak istirahat karena menyusui dan anak mereka yang selalu menangis sepanjang malam. Namun, sebagian besar ibu baru telah mengakui mereka tidak siap untuk kekurangan waktu tidur.

Oleh karena itu, Bunda perlu mendapatkan semua bantuan yang Bunda bisa. Selain itu, luangkan satu hari untuk beristirahat dan meminta bantuan Ayah untuk menjaga Si Kecil.

5. Khawatir dengan Si Kecil

Mungkin Bunda mulai merasa khawatir dengan keselamatannya di dunia yang luas ini. Namun, Bunda dapat lebih berpikir bahwa kehidupan akan membuat Si Kecil lebih tangguh daripada yang Bunda kira.

6. Kehidupan sosial yang kurang aktif

Pasangan dengan kehidupan sosial yang aktif akan menemukan kehidupan telah melambat secara signifikan setelah melahirkan anak mereka. Namun, alih-alih merasa frustrasi, Bunda perlu memahami bahwa inilah waktu untuk membesarkan Si Kecil. Bunda hanya perlu bersabar menunggu Si Kecil tumbuh hingga akhirnya bisa melakukan semua yang Bunda lakukan sebelumnya.

Saksikan juga video tentang 6 drama hidup pasca melahirkan yang biasa dialami para Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



NASIHAT YANG BERTENTANGAN HINGGA MENANGIS TERUS-MENERUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!