sign up SIGN UP search


menyusui

20 Perlengkapan Menyusui untuk New Mom, Dapat Disiapkan di Awal MengASIhi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 16 Apr 2022 07:10 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Bunda baru pertama kali menyusui? Pengalaman ini bisa menjadi sebuah tantangan baru dalam mengasuh anak lho.

Sebelum mulai menyusui Si Kecil, Bunda perlu melakukan persiapan yang matang. Salah satunya adalah mempersiapkan perlengkapan menyusui. Tentunya perlengkapan ini perlu menyesuaikan kemampuan finansial keluarga ya.

"Hal lain yang perlu disiapkan adalah peralatan atau kebutuhan ibu dan bayi agar kegiatan menyusui berjala lancar disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga," kata konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.


Perlengkapan menyusui

Ada dua jenis perlengkapan menyusui yang perlu disiapkan sejak masa kehamilan, yakni perlengkapan untuk Bunda dan buah hati. Nah, berikut 20 daftar perlengkapan menyusui untuk new mom yang dapat disiapkan sebelum proses mengASIhi:

1. Bra menyusui

Bra menyusui dapat digunakan untuk membuat payudara nyaman. Pilihlah bra yang memiliki penyangga dan terbuat dari bahan lembut, elastis, tidak abrasif, dan bisa digunakan dengan mudah melalui satu akses tangan saja.

Banner Nikita Willy Melahirkan

2. Baju menyusui

Baju menyusui dapat mempermudah Bunda melakukan banyak hal, termasuk mengASIhi Si Kecil. Bunda dapat memilih baju menyusui dengan kancing di depan agar mudah digunakan saat menyusui anak, terutama di tempat umum.

3. Pelindung puting (nipple shield)

Pelindung puting atau nipple shield umumnya digunakan untuk mengatasi masalah menyusui yang dialami para Bunda. Bunda dapat menyiapkan nipple shield untuk perlengkapan menyusui. Tapi, penggunaannya perlu dikonsultasikan dulu ke konsultan laktasi ya.

4. Bantalan bra (breast pad)

Bantalan bra dapat digunakan untuk mengatasi kebocoran ASI. Bantalan bra ini digunakan di dalam bra ya, Bunda. Breast pad harus diganti bila mulai lembap agar puting tidak terasa sakit.

5. Krim untuk payudara (nipple cream)

Nipple cream dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit selama menyusui. Beberapa merek nipple cream aman dipakai dan bisa mengatasi nyeri, lecet, hingga masalah kulit di payudara.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memilih botol susu bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

APRON MENYUSUI HINGGA KANTONG ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!