sign up SIGN UP search


parenting

Cara Jelaskan Makna Idul Fitri kepada Anak, Berikan Gambaran Kemenangan Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 18:12 WIB
Hari raya malay muslim family in traditional clothing bonding family reunion on Hari Raya Aidilfitri / Eid-Ul-Fitr celebration in living room caption

Jakarta - Tidak terasa, ya Bunda, hanya menghitung beberapa hari lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Apakah Bunda sudah mempersiapkan Si Kecil untuk menyambut Lebaran?

Mempersiapkan Si Kecil menyambut hari raya Idul Fitri tentunya sangat perlu dilakukan ya Bunda. Anak-anak perlu mengetahui apa itu makna Idul Fitri. Mengapa umat muslim di seluruh dunia merayakannya. Semua hal-hal ini sebaiknya perlu Bunda jelaskan kepada Si Kecil agar mereka paham apa makna Idul Fitri yang sebenarnya, ya Bunda.

Lalu, bagaimana cara Bunda menjelaskan kepada Si Kecil terkait makna hari raya ini? Tidak perlu khawatir, Bunda, untuk menjawab pertanyaan Bunda ini, yuk, simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.


Menjelaskan makna Idul Fitri kepada anak

Sebagai orang tua, pastinya Bunda merasakan bahwa anak-anak akan memiliki pemikiran yang kritis. Sepertinya, Bunda perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi Si Kecil, mulai dari memperbaiki diri hingga memperbanyak ilmu, agar mampu menjawab apa pun yang akan ditanyakan oleh Si Kecil.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Mungkin Bunda akan mendengar pertanyaan-pertanyaan sederhana yang keluar dari mulut manisnya Si Kecil seperti apa itu lebaran? Apa itu Idul Fitri? Nah, Bunda perlu menjelaskan dengan sebaik-baiknya, dan Bunda perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak dengan cara yang sangat jelas agar anak-anak mengerti, ya Bunda.

“Mungkin kita perlu me-review untuk menjelaskan kepada anak-anak, apa makna Idul Fitri itu dengan hal-hal yang sangat konkrit,” kata Ustazah Unik Rasyidah, M.Pd dari Aisyiyah, dikutip dari laman Haibunda.

Bunda bisa mulai menjelaskan kepada anak-anak dari hal-hal yang sangat mudah mereka pahami. Tentu Bunda juga perlu melakukan berbagai macam metode agar anak-anak bisa memahami apa itu makna Idul Fitri dengan sangat jelas, ya Bunda.

“Nah, mulai dari mana nih, Bun, agar anak-anak bisa memahami makna Idul Fitri dengan sangat jelas? Mulai dari hal-hal yang konkrit, mulai dari hal-hal yang sering mereka lakukan, mulai dari hal-hal yang sudah diperbuat di hari-hari sebelumnya,” kata Ustazah Unik Rasyidah.

anak-anak mengaji di pesantrenCara Jelaskan Makna Idul Fitri kepada Anak, Berikan Gambaran Kemenangan Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/DistinctiveImages

Sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri, tentunya anak-anak sudah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, ya Bunda. Nah, ini juga perlu dijelaskan kepada anak-anak bahwa pada saat bulan Ramadan umat muslim diperintahkan untuk menahan makan dan minum.

Mengapa Allah SWT melarang umat-Nya untuk makan dan minum? Artinya umat muslim perlu bisa menahan hawa nafsu, menahan keinginan, memperbanyak kesabaran dari Subuh sampai Magrib.

“Nah, hal-hal yang seperti itu, perlu kita jelaskan kepada anak-anak kita dengan sebaik-baiknya,” kata Ustazah Unik Rasyidah.

Kemudian, saat anak-anak bertanya mengapa umat muslim merayakan Lebaran? Jelaskan kepada mereka bahwa istilah Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia. Siapa yang menang? Tentu mereka yang sudah berhasil menahan hawa nafsunya, dan mereka yang sudah menahan lapar serta hausnya di bulan suci Ramadan.

Jelaskan kepada anak-anak bahwa ketika mereka mampu menahan lapar dan minum, menahan amarah di bulan puasa, banyak melakukan kebaikan, dan menjalani ibadah di bulan Ramadan, itu adalah makna kemenangan yang sesungguhnya, ya Bunda.

Oleh karena itu, ini perlu dirayakan pada saat hari raya Idul Fitri. Saat merayakan Idul Fitri, pastinya akan ada banyak moment yang membuat Si Kecil juga bertanya-tanya, misalnya mengapa banyak orang-orang yang datang ke rumah untuk bersalaman? Mengapa perlu bersalaman? Tentunya Bunda juga perlu menjelaskan kepada Si Kecil dengan jelas, ya Bunda.

Mungkin Bunda bisa menjelaskan kepada Si Kecil bahwa setelah bulan Ramadan, setelah melaksanakan puasa dan kebaikan yang cukup banyak. Dosa-dosa umat muslim akan diampuni oleh Allah SWT pada saat bulan Ramadan, sehingga umat Islam dianggap kembali suci setelah dosa-dosa terhapus di bulan yang suci itu.

Simak juga yuk video tentang cara menjelaskan makna Idul Fitri kepada anak.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!