sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Vaksin Rotavirus Harus Diberikan Sesuai Jadwal & Tak Bisa Disusulkan

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Jan 2021 14:53 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Pemberian vaksin imunisasi anak enggak boleh sembarangan ya, Bunda. Kita perlu mengikuti jadwal imunisasi sesuai usia di kecil lho.

Imunisasi penting diberikan untuk melindungi anak dari penyakit. Pemberian vaksin tertentu sudah bisa dimulai sejak anak lahir.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksin dapat mengurangi risiko terkena penyakit dengan bekerja memberikan pertahanan tubuh untuk membangun perlindungan. Saat anak mendapatkan vaksin, sistem kekebalan tubuh akan merespons.


"Vaksinasi adalah cara sederhana, aman, dan efektif untuk melindungi orang dari penyakit berbahaya, sebelum bersentuhan dengan mereka," tulis WHO dalam laman resminya.

Nah, belum lama ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis jadwal imunisasi anak usia 0-18 tahun. Ada total 15 vaksin yang direkomendasikan IDAI diberikan pada anak sesuai usianya.

Menurut owner Rumah Vaksinasi Bogor, dr.Tafdhila Rahmania atau akrab disapa Dila, untuk beberapa anak yang sudah terlewat jadwal, orang tua bisa mengejarnya di waktu lain. Jadwal ini perlu disesuaikan ke dokter anak masing-masing, Bunda.

"Ada catch up vaksinasi anak, jadi walau sudah terlewat bisa diberikan," kata Dila, dalam Live Instagram HaiBunda, Selasa (5/1/2021).

Dari 15 vaksin, hanya ada satu yang harus diberikan sesuai jadwal dan tidak boleh diberikan di waktu lain. Vaksin tersebut adalah rotavirus monovalen dan pentavalen.

"Rotavirus punya waktu yang terbatas, kalau sudah lewat tidak bisa diberikan kembali. Dalam jadwal IDAI 2020, dosis pertama rotavirus itu maksimal usia 12 minggu. Kalau di usia ini tidak diberikan, maka untuk seterusnya vaksin tidak dapat diberikan," ujar Dila.

Vaksin rotavirus adalah penyebab diare pada anak, Bunda. Setidaknya 90 persen penyakit diare pada anak di bawah 5 tahun disebabkan rotavirus.

Penyakit karena rotavirus menjadi penyebab kematian nomor dua pada anak di bawah 5 tahun. Untuk itu, pemberian vaksin rotavirus ini sangat penting.

Lalu kenapa vaksin rotavirus harus diberikan sesuai jadwal dan tidak boleh dikejar di waktu lain?

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bunda.

Simak juga efek samping setelah vaksin selain demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki
(ank/rap)
Pemberian Vaksin Rotavirus Harus Sesuai Jadwal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi