sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Gejala dan Pencegahan Hepatitis Misterius pada Anak, Bunda Perlu Tahu

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 15:42 WIB
HEPATITIS MISTERIUS
Anak sakit caption

Menanggapi kemunculan hepatitis 'misterius' ini, Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban menyebutkan hepatitis misterius memang sedang diselidiki banyak negara, Bunda.

Pada beberapa pasien, para ahli bahkan menemukan dua kombinasi virus adenovirus 41 dan SARS-CoV-2 pada kasus hepatitis akut anak. Meski begitu, pakar meyakini masih ada kemungkinan infeksi hepatitis misterius disebabkan hal lain.

Apa ituĀ adenovirus?

Dalam satu kesempatan, Zubairi menuturkan adenovirus merupakan virus umum yang bisa dipicu berbagai penyakit seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia hingga diare.


"Adenovirus 41 belum pernah terkait dengan hepatitis dan patogen umum ini biasanya bisa sembuh sendiri," terang dia dalam akun Instagram pribadinya, dikutip dari detikcom.

Hingga kini belum ada tes yang bisa memastikan infeksi hepatitis 'misterius'. Namun, pasien dikategorikan terpapar jika dinyatakan negatif virus hepatitis A, B, C, D, E.

Seberapa bahaya?

Prof Zubairi mewanti-wanti bahaya infeksi hepatitis misterius. Data di Inggris menunjukkan 10 dari 145 pasien denganĀ hepatitis akut memerlukan transplantasi hati.

"Menurut WHO, rentang usia pasien yang diidentifikasi sejauh ini antara bayi berusia satu bulan hingga remaja 18 tahun," sebutnya.

Wabah hepatitis misterius setidaknya sudah menyebar ke lebih dari 10 negara, laporan pertama dicatat Inggris dan Irlandia Utara per 15 April 2022. Kasusnya terus meningkat dan menyebar hingga 26 April 2022 WHO mencatat 169 kasus hepatitis akut misterius di 11 negara Eropa dan sejumlah negara bagian Amerika Serikat.

WHO sampai saat ini belum mengungkap kepastian dari penyebab hepatitis misterius yang melanda banyak negara. Oleh karena itu, kita perlu siap dan siaga demi anak-anak ya, Bunda.

(AFN/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!