sign up SIGN UP search


parenting

7 Cerita Fabel Sederhana dan Pesan Moralnya untuk Anak-anak

Kinan Selasa, 16 Feb 2021 12:03 WIB
Happy family young mother babysitter hold read book relax embrace cute little children daughters, smiling parent mum tell small kids funny fairy tale story sit on sofa having fun together at home caption

Salah satu kegiatan yang disukai anak-anak adalah saat dibacakan cerita oleh orang terdekatnya. Nah, cerita fabel alias cerita tentang binatang pun bisa jadi pilihan ideal nih, Bunda. 

Selain melatih imajinasi, cerita fabel juga sangat disukai anak karena memiliki tokoh berupa binatang. Ya, mendongeng atau membacakan cerita dapat dimanfaatkan untuk mengajar anak-anak tentang berbagai aspek kehidupan, lho.

Berikut 7 cerita fabel sederhana dan pesan moralnya yang bisa Bunda ceritakan untuk si Kecil:


1. Kelinci dan Kura-kura

Bosan dengan kelinci yang sombong karena bisa berlari melompat dengan cepat, kura-kura menantangnya untuk berlomba. Kelinci yang terlalu percaya diri pun menerima tantangan tersebut dan berlari secepat mungkin setelah perlombaan dimulai. 

Sayangnya, hal tersebut membuat kelinci cepat lelah dan memutuskan untuk beristirahat. Ia berpikir masih ada banyak waktu untuk bersantai sebelum kura-kura dapat menyusulnya. 

Sementara itu, kura-kura terus berjalan perlahan hingga mencapai garis finish. Kelinci yang ketiduran lalu terbangun dan sangat terkejut karena dikalahkan oleh kura-kura yang bergerak lambat.

Pesan moral: Asal konsisten, berhati-hati dan tetap rendah hati akan berbuah manis nantinya.

2. Bebek Buruk Rupa

Seorang petani memiliki seekor bebek, yang menghasilkan 10 telur. Segera, mereka semua menetas. Dari 10 telur yang ada, 9 anak itik tampak seperti induknya. Anak itik dari telur ke-10 tampak berbeda dengan tubuh lebih besar dan berwarna abu-abu.

Semua anak itik lainnya pun mengolok-olok itik tersebut. Tidak senang di peternakan, itik malang itu lari ke sungai di dekatnya. Di sana dia melihat angsa putih yang indah. Takut dan tersesat, dia ingin tenggelam di sungai. Tetapi ketika dia melihat bayangannya di sungai, dia menyadari bahwa dia bukanlah itik yang jelek, tetapi angsa yang cantik!

Pesan moral: Cintai diri sendiri apa adanya dan jangan mengolok-olok fisik orang lain.

3. Tiga Babi Kecil

Cerita ini mengisahkan tentang babi-babi yang tidak mendengarkan nasihat induknya. Mereka juga ceroboh dan membangun rumah yang tidak stabil. Sikap tidak mau mendengarkan nasihat induk pun membuat nyawa ketiganya berada di ujung tanduk karena dikejar serigala.

Pesan moral: Melakukan pekerjaan harus konsisten dan perlu motivasi tinggi.  

4. Singa dan Tikus

Seekor singa menyelamatkan nyawa seekor tikus. Setelah itu, tikus berjanji kelak suatu hari dirinya akan membantu singa. Tak lama kemudian, singa itu terperangkap di jaring yang dipasang oleh para pemburu. Tikus kecil tersebut melihat singa dalam kesusahan, kemudian dengan cepat menggigit jaring dan membebaskan singa.

Pesan moral: Bersikap baiklah pada semua orang, kamu tidak akan pernah tahu siapa yang bisa menjadi sahabat yang tulus nantinya.

5. Monyet dan Buaya

Seekor monyet berteman dengan seekor buaya. Monyet tersebut biasa memberi buaya sebuah apel setiap hari dari pohon tempat tinggalnya. Istri buaya tersebut lama-kelamaan menjadi serakah dan meminta jantung monyet itu.

Buaya tersebut kemudian menggendong monyet di punggungnya dan hendak menyerahkan pada istrinya. Begitu monyet menyadari apa yang terjadi, dia memberi tahu buaya bahwa jantungnya ada di pohon dan mereka harus kembali untuk mengambilnya. Begitu mereka kembali, monyet itu melarikan diri.

Pesan moral: Tetap tenang dan berpikir jernih bahkan dalam situasi stres dapat membantumu menemukan jalan keluar saat ada masalah.

6. Lumba-lumba dan Monyet

Seekor lumba-lumba menyelamatkan monyet dalam badai dan mereka berenang ke sebuah pulau. Lumba-lumba lalu bertanya kepada monyet, apakah dia tahu pulau itu. Monyet mengatakan bahwa dia tahu dan bahwa dia sebenarnya adalah pangeran pulau itu. 

Lumba-lumba yang tak percaya begitu saja lalu pergi meninggalkan monyet tersebut di pulau dan berenang menjauh. Monyet pun kini sendirian di pulau terpencil.

Pesan moral: Hindari berbohong dan berhati-hatilah dengan apa yang kamu sampaikan pada orang lain.

7. Gajah dan Teman-temannya

Ada seekor gajah kesepian yang mencoba berteman dengan hewan lain di hutan. Tapi, hewan lain menolak bermain dengan gajah tersebut karena ukuran tubuhnya. Suatu hari, semua hewan melarikan diri dari seekor harimau besar yang buas. 

Nah, kala si Gajah pun dengan berani melindungi hewan-hewan yang ketakutan tersebut dan bahkan menendang si Harimau. Kini, gajah memiliki banyak teman di hutan. 

Pesan moral: Keberanian dan ketulusan bisa membawa kesuksesan.

Demikian beberapa cerita fabel sederhana yang bisa Bunda bacakan untuk si Kecil. Mana cerita fabel favoritnya?

Simak juga Bunda manfaat mendongeng untuk anak dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!