sign up SIGN UP search


parenting

Hepatitis Misterius Disebut Bisa Sembuh, Perhatikan Hal Ini Ya Bunda

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 13:12 WIB
Closeup saline IV drip for patient and Infusion pump feeding into child patient while she is sleeping on bed in the hospital caption
Jakarta -

Belum juga selesai tentang virus COVID-19, wabah hepatitis misterius merebak di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Dikatakan misterius lantaran belum diketahui penyebab pastinya.

Seperti yang Bunda ketahui, tiga pasien anak di Indonesia dinyatakan meninggal usai mengalami hepatitis akut ini pada awal Mei 2022. Hal ini tentu membuat kita khawatir ya, Bunda.

Data terbaru dilaporkan hampir sekitar 300 anak di 20 negara diketahui terserang penyakit peradangan hati (hepatitis). Walaupun mengkhawatirkan, kabar terbaru tentang penyakit ini disebut bisa sembuh dengan melakukan perawatan yang tepat.


Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala Departemen Hepatologi dan Transplantasi RS Children's Mercy Kansas City, dr Ryan Fischer. Ia mengatakan terapi untuk anak dengan hepatitis yang disebabkan infeksi virus pas umumnya bersifat suportif.

Banner Dongeng Anak Sebelum TidurFoto: HaiBunda/Novita Rizki

Artinya, kebutuhan terapi dapat disesuaikan hanya untuk meringankan gejala karena biasanya infeksi akan sembuh sendiri.

"Seiring berjalannya waktu dengan memperhatikan kebutuhan si anak (misalnya pemberian infus untuk mencegah dehidrasi), sebagian besar kasus akan sembuh sendiri," kata dr Ryan seperti dikutip dari WebMD, baru-baru ini.

"Hati adalah organ yang mampu pulih dengan seutuhnya. Kita biasanya tidak akan melihat efek jangka panjang usai pasien sembuh," lanjutnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun telah resmi mengumumkan hepatitis misterius ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Masyarakat pun diminta untuk dapat mendeteksi dini gejala hepatitis yang terjadi pada anak.

Hal itu juga disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K). Ia berpesan kepada orang tua agar lebih memperhatikan gejala hepatitis.

Seperti apa keluhan gejala yang perlu diwaspadai? TERUSKAN MEMBACA DENGAN KLIK DI SINI.

Tonton juga video 7 hal yang perlu diketahui tentang hepatitis misterius:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!