sign up SIGN UP search

parenting

Faktor Risiko dan Ciri-Ciri Hepatitis Misterius pada Anak, Akankah Jadi Pandemi?

Kinan   |   Haibunda Kamis, 12 May 2022 21:00 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi ciri-ciri hepatitis misterius pada anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff
Jakarta -

Belakangan penyakit hepatitis misterius pada anak makin banyak dibicarakan lantaran jumlah kasusnya terus bertambah. Bunda sudah tahu apa saja ciri-ciri hepatitis misterius pada anak?

Dilansir BBC, kasus ini telah terdeteksi di 20 negara di seluruh dunia, dengan hampir 300 anak terkena. Para orang tua pun diminta waspada terhadap gejala-gejala hepatitis misterius agar dapat terdeteksi sejak dini.

"Orang tua harus tetap waspada terhadap tanda-tanda seperti salah satunya semburat kuning di bagian putih mata. Jika ragu, lakukan pemeriksaan ke dokter," ungkap Meera Chand, dari UK Health Security Agency (UKHSA).


Menurut Chand, salah satu ciri-ciri hepatitis misterius pada anak paling umum yakni kulit tampak kuning dan muntah. Sebagian besar kasus ini terjadi pada anak berusia di bawah 5 tahun.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa pihaknya tengah melakukan investigasi lebih lanjut terkait kasus hepatitis misterius ini. Dokter Nadia meminta masyarakat tetap tenang dan berhati-hati.

"Selama masa investigasi, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, dan menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan," jelas dr Nadia dalam laman resmi Kemenkes RI.

Banner 5 Tanda Janin MeninggalFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Ciri-ciri hepatitis misterius pada anak

Dikutip dari CNN Indonesia, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau para orang tua untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit hepatitis misterius ini.

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI, dr Piprim Basarah Yanuarso mengatakan deteksi dilakukan untuk menemukan gejala-gejala hepatitis misterius pada anak.

Ia berpesan orang tua untuk segera memeriksakan anaknya ke fasilitas layanan kesehatan terdekat jika memiliki ciri-ciri hepatitis misterius, seperti kuning, mual muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran, kejang, lesu, dan demam tinggi.

Ciri-ciri hepatitis misterius pada anak lainnya yang juga perlu diwaspadai yakni urine berwarna gelap pekat, serta feses berwarna pucat.

Faktor risiko hepatitis misterius pada anak

Selain ciri-ciri, orang tua juga perlu memahami apa saja faktor risiko hepatitis misterius pada anak.

Dikutip dari detikcom, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI, dr Muzal Kadim, SpA(K), mengungkapkan faktor risiko dari hepatitis misterius ini di antaranya:

  • Imunitas tubuh yang lemah
  • Mengalami gizi buruk
  • Menjalani pengobatan penyakit tertentu yang menekan sistem imun
  • Mengidap HIV
  • Usia anak

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video hal-hal tentang hepatitis misterius yang perlu Bunda ketahui:

[Gambas:Video Haibunda]



BENARKAH HEPATITIS MISTERIUS INI AKAN JADI PANDEMI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!