sign up SIGN UP search


parenting

5 Menu MPASI Tinggi Kalori untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 11:30 WIB
Happy mother spoon feeding her baby child in nursery Ilustrasi menu MPASI tinggi kalori untuk tingkatkan berat badan anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/oksun70
Jakarta -

Berbicara tentang berat badan anak tentu menjadi hal yang penting bagi para Bunda. Pasalnya berat badan anak berkaitan langsung dengan kesehatan dan kesejahteraan anak di masa depan.

Nah, untuk itu tentu Bunda ingin Si Kecil mencapai berat badan idealnya. Salah satu cara menaikkan berat badan anak adalah dengan memenuhi nutrisi Si Kecil Bunda. 

Melansir dari laman Verywell Family, ada berbagai alasan penyebab berat badan rendah pada anak. Mulai dai kesulitan menyusu saat baru lahir, gangguan sensorik atau tekstur, tidak ditawari makanan, stres, asupan susu atau jus yang berlebihan, disfungsi menelan, alergi makanan, hingga mengkonsumsi obat-obatan yang mengurangi nafsu makan. 


Biasanya kenaikan berat badan Si Kecil yang tidak sesuai karena masalah makan hanya bersifat sementara. Namun, hal ini dapat membaik jika orangtua dengan bantuan ahli atau dokter anak berusaha untuk menaikkan berat badan anak.

Bunda mungkin memerlukan dokter spesialis serta ahli gizi untuk membantu membuat rencana makan yang sesuai dengan kondisi anak Bunda. Dokter juga akan memberikan saran tentang penerapan peningkatan energi makanan yaitu tinggi kalori. 

"Jumlah kalori yang dibutuhkan masing-masing anak berbeda tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Banyak hal yang menjadi faktor termasuk aksesibilitas makanan, lingkungan makan, konsistensi, dan preferensi," kata Willow Jarosh ahli gizi anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Verywell Family, baru-baru ini.

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam IslamFoto: Annisa Shofia/ HaiBunda

Makanan tinggi kalori untuk tingkatkan berat badan anak

Jika Bunda sedang mencari cara menaikkan berat badan Si Kecil, berikut deretan makanan tinggi kalori yang bisa menjadi booster berat badan anak untuk menu makanan pendamping ASI (MPASI), dilansir dari laman Firstcry Parenting

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang sehat dan tinggi kalori untuk MPASI Si Kecil, Bunda. Yoghurt dapat diberikan kepada bayi setelah usia enam bulan.

Biasanya, 100 gram yoghurt yang dicampur dengan buah dan sereal multigrain mengandung sekitar 100 kalori. Hindari memilih yoghurt bebas lemak karena kalorinya lebih sedikit. 

2. Kuning telur

Telur merupakan makanan tinggi kalori. Telur mengandung protein dan dapat dimasak dan ditambahkan ke dalam sayuran atau nasi.

Kuning telur tidak hanya memberi nutrisi pada bayi dengan mineral penting, tetapi juga membantu bayi menambah berat badan lho, Bunda. Bunda bisa memberikan kuning telur tiga hingga empat kali seminggu kepada Si Kecil.

Baca penjelasan lain di halaman selanjutnya ya, Bunda. 

Simak juga video tiga bahan herbal untuk tingkatkan imun anak:

[Gambas:Video Haibunda]



MPASI TINGGI KALORI UNTUK TINGKATKAN BERAT BADAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!