sign up SIGN UP search


parenting

Hepatitis Akut Misterius Bukan Disebabkan Paracetamol, Ini Penjelasannya Bunda

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 15:56 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Hepatitis akut misterius yang menjangkiti sejumlah anak-anak di dunia memunculkan beragam isu yang belum bisa dibuktikan kebenarannya, Bunda. Mulai dari adenovirus, COVID-19, hingga yang terbaru paracetamol.

Belakangan muncul dugaan kaitan penyebab hepatitis misterius dengan penggunaan obat-obatan seperti paracetamol. Hal ini bermula dari laporan sejumlah keluarga pasien hepatitis akut misterius Inggris. Anak-anak mereka disebut baru saja mengonsumsi paracetamol sebelum infeksi terjadi.

Menurut Direktur klinis dan emerging infections di Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) Meera Chand, sebenarnya tidak ada kaitan antara konsumsi paracetamol dengan hepatitis misterius.


Data UKHSA memang mencatat sekitar tiga perempat responden Inggris menggunakan paracetamol. Namun, penggunaan paracetamol dianggap tidak berpengaruh pada kondisi hati pasien lantaran mereka mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan pedoman yang ditetapkan.

Begitu juga dugaan hepatitis akut misterius dengan vaksin COVID-19. Chand menepis tudingan tersebut lantaran persentase anak yang belum menerima vaksin COVID-19 dan terinfeksi hepatitis akut misterius lebih tinggi.

"Tidak ada kaitan dengan paracetamol, overdosis yang dapat menyebabkan gagal hati. Hubungan apapun dengan vaksin COVID juga telah dikesampingkan, karena sebagian besar anak-anak belum cukup umur untuk disuntik," terang Chand.

Para ahli termasuk WHO sebelumnya juga mengesampingkan kemungkinan pasien hepatitis akut terpapar langsung saat melakukan perjalanan. Kemungkinan penularan sejauh ini diyakini melalui asupan makanan.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!