sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Apa Itu Adenovirus, Virus yang Diduga Penyebab Hepatitis Misterius

Kinan   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 11:40 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit Ilustrasi apa itu adenovirus yang diduga penyebab hepatitis misterius. Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Jumlah laporan kasus anak yang diduga terkena penyakit hepatitis misterius semakin bertambah. Disebut-sebut penyakit ini berkaitan dengan adenovirus. Apa itu adenovirus?

Dikutip dari Livescience, adenovirus adalah jenis virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia, mulai dari infeksi mata, flu hingga infeksi saluran cerna.

Menurut jurnal Scientific Reports, ada 88 jenis adenovirus yang diketahui dapat menginfeksi manusia. Adenovirus menyebar di antara orang-orang melalui kontak pribadi yang dekat, serta melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. 


Selain itu, penularan adenovirus juga dapat terjadi saat seseorang menyentuh permukaan yang terkontaminasi, kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung sebelum mencuci tangan. 

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Maka dari itu, penurunan risiko terinfeksi adenovirus dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan pakai sabun. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit, termasuk tidak menggunakan peralatan makan yang sama. 

Gejala infeksi adenovirus

Dilansir Web MD, ada beberapa gejala umum yang menunjukkan ketika seseorang terinfeksi adenovirus, yakni:

  • Batuk
  • Demam dan meriang
  • Hidung meler atau mampet (seperti pilek)
  • Nyeri tenggorokan
  • Mata merah
  • Sesak napas
  • Diare dan sakit perut
  • Sakit kepala
  • Nyeri saat buang air kecil 

Langkah-langkah untuk mencegah terinfeksi adenovirus hampir mirip seperti pencegahan infeksi saluran pernapasan, yakni memakai masker dan rajin mencuci tangan. 

Alasannya, diketahui adenovirus menyebar lewat percikan halus liur di udara yang keluar saat seseorang batuk atau bersin (disebut juga sebagai droplet).

Benarkah adenovirus berkaitan dengan hepatitis misterius?

Hepatitis akut atau dikenal pula sebagai hepatitis misterius adalah masalah peradangan pada organ hati, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A, B, C, D, atau E. Namun, pada kasus yang terjadi di antara anak-anak tersebut tidak ditemukan jejak virus hepatitis.

Sejauh ini peneliti hanya menemukan jejak virus SARS-COV-2 dan adenovirus. Investigasi masih terus berlanjut dengan sebagian ahli menduga-duga adenovirus, spesifiknya tipe 41, terkait dengan hepatitis.

World Health Organization atau WHO pun belum mengonfirmasi apakah benar adenovirus berkaitan dengan hepatitis misterius. Kendati demikian, WHO tetap mengimbau negara-negara terus melakukan pengawasan sambil menerapkan langkah pencegahan untuk infeksi adenovirus. 

Baca di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video ketahui tanda bahaya diare pada anak dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KATA WHO SOAL ADENOVIRUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!