sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Pijatan Bisa Bantu Redakan Batuk Anak? Simak Cara Tepatnya Bun

Kinan   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 12:33 WIB
Sick little asian girl wiping or cleaning nose with tissue on her hand caption
Jakarta -

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Meski terkesan sepele, batuk juga bisa mengganggu keseharian anak termasuk waktu tidur.

Dikutip dari Parenting First Cry, batuk sebenarnya terjadi ketika daya tahan tubuh anak (terutama bayi dan balita) sedang turun. Beberapa hal yang dapat memicu batuk pada anak misalnya infeksi virus, refluks asam, asma atau alergi.

Untuk memastikan penyebabnya, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter. Kendati demikian, Bunda tak perlu buru-buru memberikan obat saat Si Kecil batuk.


Ada beberapa cara alami untuk membantu meredakan batuk anak, salah satunya dengan pijatan. Untuk membantu menghangatkan tubuh anak saat dipijat, Bunda dapat mengoleskan balsam atau minyak kayu putih.

Setelah itu, pijat terutama di bagian dada, punggung, telapak tangan, dan di bawah kaki. Namun ingat, pada bayi perhatikan tekanan saat memijat agar tidak mengganggu kenyamanannya ya, Bunda.

Setelah memijat, Bunda juga dapat memberikan beberapa tetes minyak kayu putih ke bantal anak. Uap minyak kayu putih akan membantu melegakan pernapasan si Kecil.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

Berikut beberapa posisi lain memberi pijatan untuk bantu redakan batuk anak seperti dilansir berbagai sumber:

1. Pijat searah jarum jam

Pijat dada anak secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam kurang lebih 5 hingga 10 kali. Aktivitas ini dapat dilakukan sambil berbaring atau duduk, sesuaikan dengan kenyamanan anak.

2. Ketuk-ketuk dengan ringan

Setelah itu, Bunda dapat mengetuk-ngetuk ringan dengan dua jari pada dada anak dengan rentang 5 hingga 10 kali.

3. Pijatan dengan posisi seperti membuka buku

Posisi ini dilakukan seperti gerakan membuka buku, yaitu gerakannya mengusap dari dada mengarah ke luar hingga pundak. Teknik pijatan ini dilakukan untuk melancarkan aliran getah bening di tubuh Si Kecil nih, Bunda.

4. Kompres

Kompres dada anak dengan kompres gel, namun jika tidak ada Bunda bisa menggunakan handuk atau waslap yang direndam dengan air hangat dan dingin. Bagaimana caranya?

Pertama rendam air hangat, lalu kompres dada anak dan diamkan selama beberapa detik. Kemudian angkat dan rendam dengan air dingin, lalu kompres lagi. Lakukan hal tersebut dengan 5 kali ganti.

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang tips parenting ala ibunda Maudy Ayunda berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT PIJATAN BAGI SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!