sign up SIGN UP search


parenting

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak saat Perjalanan Jauh, Waspadai Masalah Nafas

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 03 Jun 2022 04:00 WIB
Asthma, little girl with inhaling mask caption

Jakarta - Siapa yang tidak bersemangat menyambut datangnya hari libur? Pastinya sebagian besar anak-anak sangat senang dan bersemangat menyambut hari libur sekolah, ya Bunda. Nah, saat Si Kecil libur panjang, apakah Bunda berencana untuk mengajaknya berlibur?

Sebagai orang tua, pastinya Bunda juga ingin menambah kebahagiaan Si Kecil di hari liburnya dengan mengajak mereka pergi berlibur ke tempat-tempat wisata yang indah, ya Bunda. Namun, bila Bunda ingin melakukan perjalanan luar kota yang jauh atau membutuhkan waktu yang cukup lama, sepertinya Bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memulai perjalanan.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Jangan diabaikan ya, Bunda, karena yang paling penting adalah kesehatan anak. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya Bunda memeriksa kesehatan Si Kecil terlebih dahulu.


Mengapa Bunda perlu memeriksa kesehatan Si Kecil sebelum melakukan perjalanan jauh? Hal ini dikarenakan anak-anak rentan terhadap berbagai penyakit saat melakukan perjalanan jauh atau dalam jangka waktu yang cukup lama, lho. Mulai dari infeksi saluran pernapasan hingga masalah kesehatan dengan sistem pencernaannya.

Janin Terlilit Tali PusarJanin Terlilit Tali Pusar/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Nah, untuk menghindari hal ini Bunda perlu melakukan beberapa persiapan agar Si Kecil tidak mudah terkena penyakit selama melakukan perjalanan jau. Sebelum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat mengajak Si Kecil liburan, yuk, simak terlebih dahulu penyakit apa saja yang mungkin rentan terhadap anak-anak selama melakukan perjalanan panjang, ya Bunda.

Mengapa anak rentan terhadap penyakit selama perjalanan jauh?

Jika berencana mengajak anak-anak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Bunda perlu mempertimbangkan banyak hal, terutama kesehatan mereka. Hal ini dikarenakan sebagian besar anak-anak rentan terkena penyakit saat melakukan perjalanan jauh, lho Bunda.

“Pertama, perjalanan jauh membutuhkan energi ekstra, selain itu rentan juga buat anak-anak untuk kondisinya menurun karena sistem imunnya belum optimal,” kata dr. Kurniawan Satria Denta, Spesialis Anak, kepada Haibunda.

Janin Terlilit Tali PusarJanin Terlilit Tali Pusar/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Selanjutnya, jika Bunda mengajak balita untuk perjalanan jauh, mungkin mereka lebih rentan terkena penyakit karena pada umumnya, sistem kekebalan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa. Selain itu, alasan anak-anak rentan terkena penyakit selama perjalanan jauh karena terpapar bakteri atau kuman di jalan.

“Terus yang ketiga, jika anaknya sudah punya penyakit sebelumnya, misalnya alergi, atau asma itu cenderung akan kumat ketika melakukan perjalanan jauh, seperti itu,” kata dokter yang biasa disapa Denta tersebut.

Penyakit yang rentan terhadap anak-anak saat melakukan perjalanan jauh di antaranya:

  1. Infeksi saluran pernapasan
  2. Alergi
  3. Asma
  4. Masalah kesehatan dengan saluran pencernaannya seperti diare atau keracunan
  5. Terinfeksi COVID-19.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan orang tua sebelum mengajak anak-anak melakukan perjalanan jauh agar terhindar dari berbagai macam penyakit? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga informasi mengenai cacar monyet dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENGAJAK ANAK DALAM PERJALANAN JAUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!