sign up SIGN UP search


parenting

5 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik untuk Anak

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 15:21 WIB
Ilustrasi anak makan es krim atau yoghurt 5 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik untuk Anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi. Probiotik atau yang biasanya disebut bakteri baik, memberikan segala macam manfaat yang kuat untuk tubuh dan otak anak Bunda. 

Melansir dari laman Medical News Today, mendapatkan probiotik yang cukup dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi depresi, dan menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik juga dapat menjaga kulit anak tampak lebih sehat lho Bunda.

Mengonsumsi probiotik dalam bentuk suplemen merupakan salah satu cara yang populer saat ini di kalangan para Bunda, namun Bunda juga bisa mendapatkannya dari makanan fermentasi. 


Makanan mengandung probiotik

Apa saja makanan yang mengandung probiotik, yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil? Berikut deretan makanan yang mengandung probiotik untuk kesehatan Si Kecil dilansir dari laman Healthline. 

1. Yoghurt

Plain Greek Yogurt in a Bowl for Breakfast5 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik untuk Anak/ Foto: iStock

Yoghurt adalah salah satu sumber probiotik terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan anak Bunda. Yoghurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh probiotik, terutama bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Mengonsumsi yoghurt memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kesehatan tulang Bunda. Yoghurt dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh antibiotik. Bahkan dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar pada anak.

Selain itu, yoghurt juga cocok untuk anak dengan intoleransi laktosa. Ini karena bakteri mengubah sebagian laktosa menjadi asam laktat, sehingga memberi rasa asam pada yoghurt. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua yoghurt mengandung probiotik hidup ya Bunda. Dalam beberapa kasus, bakteri hidup telah mati selama pemrosesan.

Untuk alasan ini, pastikan Bunda memilih yoghurt dengan kultur aktif atau hidup. Juga selalu baca label pada yoghurt sebelum Bunda membelinya. Bahkan jika diberi label rendah lemak atau bebas lemak, mungkin masih mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi Bunda. 

"Yoghurt mengandung probiotik yang memiliki manfaat kesehatan dan cocok untuk anak dengan intoleransi laktosa. Pastikan untuk memilih yoghurt yang memiliki kultur aktif atau hidup," kata Maya Feller ahli gizi yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Rabu (15/6/2022). 

2. Tempe

Tempe makanan tradisonal nusantara. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto5 Makanan Mengandung Probiotik yang Baik untuk Anak / Foto: dikhy sasra

Tempe merupakan produk fermentasi kedelai yang mengandung probiotik. Rasanya enak dan disukai anak-anak. Bunda juga bisa membuatkan Si Kecil variasi camilan berbahan dasar tempe lho. 

Proses fermentasi memiliki beberapa efek mengejutkan pada profil nutrisinya. Kedelai biasanya tinggi asam fitat, senyawa tanaman yang mengganggu penyerapan mineral seperti besi dan seng. Namun, fermentasi menurunkan jumlah asam fitat, yang dapat meningkatkan jumlah mineral yang dapat diserap tubuh dari tempe. 

Fermentasi juga menghasilkan beberapa vitamin B12, nutrisi yang tidak terkandung dalam kedelai Bunda. Vitamin B12 terutama ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging, ikan, susu, dan telur. Jadi sangat baik dikonsumsi anak-anak untuk melengkapi nutrisinya Bunda. 

Simak makanan lainnya di halaman berikutnya ya Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN LAINNYA YANG MENGANDUNG PROBIOTIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!