sign up SIGN UP search

parenting

Probiotik untuk Bayi: Ketahui Waktu Pemberian, Manfaat, dan Contoh Probiotik Alami

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 22:50 WIB
Probiotik untuk bayi Probiotik untuk bayi/ Foto: Getty Images/SDI Productions
Jakarta -

Probiotik menjadi salah satu komponen yang digunakan dalam susu, suplemen maupun produk makanan untuk bayi. Namun, amankah sebenarnya konsumsi probiotik untuk bayi dan apa saja manfaatnya?

Dikutip dari Web MD, probiotik adalah mikroorganisme hidup, biasanya berupa bakteri yang hidup di usus dan dianggap baik untuk tubuh. Probiotik disebutkan baik untuk bayi yang sehat karena membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Contoh organisme probiotik antara lain Lactobacillus, Bifidobacterium, Streptococcus, dan Saccharomyces boulardi.


Penggunaan probiotik disebut dapat membantu mencegah infeksi dengan cara menempati saluran pencernaan dan menjaga agar mikroorganisme berbahaya tidak berkembang biak di ruang yang sama.

Namun, perlu diketahui bahwa bayi dengan kondisi medis tertentu tidak boleh diberikan probiotik sembarangan tanpa anjuran dokter, ya.

Waktu pemberian probiotik untuk bayi

Pemberian probiotik untuk bayi sebenarnya sudah didapat secara alami dari air susu ibu (ASI). Namun, karena sebagian anak mungkin tidak bisa mendapatkan ASI, maka dalam kondisi tertentu diperlukan pengganti probiotik alami.

Dikutip dari Healthline, pemberian probiotik dari suplemen atau sumber lainnya memerlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Sebab meskipun sebagian besar penelitian pada bayi menunjukkan probiotik aman, perlu diingat bahwa masih studi tersebut masih terbatas. 

Penggunaan probiotik tambahan tanpa anjuran dokter dikhawatirkan bisa memicu efek samping, termasuk seperti reaksi alergi, sakit perut, diare, mual dan kembung.

Manfaat probiotik untuk bayi

Jika diberikan secara tepat dan sesuai kebutuhan, probiotik diketahui memiliki beragam manfaat untuk bayi. Mulai dari mengatasi diare dan eksim (dermatitis atopik), hingga membantu mengelola alergi, mencegah infeksi saluran kemih, dan meredakan gejala kolik pada bayi.

Berikut ulasan lengkap tentang manfaat probiotik untuk bayi:

1. Penyakit atopik

Menurut beberapa penelitian, bayi yang memiliki faktor risiko atopik memiliki manfaat dari pemberian probiotik. Namun, pemberian ini sebaiknya tetap hanya berdasarkan anjuran dokter, ya.

2. Kolik

Sebuah penelitian dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa bayi dengan kolik yang disusui secara eksklusif dan menerima asupan campuran probiotik atau plasebo, memiliki lebih sedikit frekuensi menangis tanpa sebab per hari. Hal ini dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima probiotik.

3. Diare

Probiotik membantu mencegah diare dalam beberapa kasus. Suplemen probiotik sesuai dosis dan kebutuhan juga ditemukan bermanfaat bagi keluhan diare akut pada anak-anak dan bayi.

4. Sistem kekebalan tubuh

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal PubMed menunjukkan bahwa probiotik dapat bermanfaat bagi kesehatan bayi dengan mendukung sistem kekebalan tubuh mereka.

Probiotik bertindak untuk melancarkan saluran pencernaan, serta meningkatkan respons imun.

Contoh sumber probiotik alami

Seperti disebutkan sebelumnya, secara alami probiotik untuk bayi bisa didapat dari ASI. Namun, jika bayi sudah mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI, Bunda juga dapat memberikan tambahan sumber probiotik alami lainnya.

Contoh makanan sehari-hari tertentu yang menjadi sumber probiotik alami misalnya yoghurt, keju, produk olahan susu lainnya, dan tempe.

Saat hendak memberikan makanan-makanan tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan respons alergi pada Si Kecil. Konsultasikan juga kepada dokter tentang kondisi Si Kecil ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video dampak negatif anak kurang beraktivitas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!