sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Probiotik untuk Saluran Cerna dan Imunitas Anak

Annisa Karnesyia Senin, 20 Jul 2020 19:49 WIB
smiling kid girl eating healthy vegetables at kitchen caption
Jakarta -

Probiotik di saluran cerna memiliki manfaat untuk kesehatan anak, Bunda. Selain itu, bisa juga menjaga imunitas tubuh yang akhirnya berhubungan dengan tumbuh kembang si kecil.

Spesialis Anak dan Konsultan Gastroenterologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K) mengatakan bahwa saluran cerna memang berkaitan dengan sistem imun tubuh anak. Hal ini berkaitan dengan jumlah sel imun yang ada di saluran cerna.

"Enam puluh sampai 70 persen sel imun ada di saluran cerna," kata Ariani, dalam Virtual Gathering: Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal Bersama Nutriclub, Senin (20/7/2020).


Menurut Ariani, ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dan saat makanan itu digunakan oleh tubuh. Kedua hal ini dijembatani oleh saluran cerna yang baik.

Jadi, sebaik apapun nutrisi yang masuk ke tubuh anak, apabila tidak diserap dengan baik oleh saluran cerna, maka tidak bisa digunakan oleh tubuh. Nantinya makanan akan keluar dalam bentuk tidak sempurna atau menetap di dalam tubuh dan menyebabkan sakit perut.

Asian baby girl eating vegetable first time at home kitchenIlustrasi anak makan sayur/ Foto: iStock

Mikrobiota dan probiotik

Di dalam sistem pencernaan terdapat mikrobiota yang bermanfaat untuk anak. Selain membantu mencerna makanan yang tidak dapat diserap, mikrobiota menghasilkan vitamin B12 dan mengendalikan metabolisme. Mikrobiota juga mampu melawan mikroorganisme patogen atau bakteri jahat, Bunda.

Manfaat lain dari mikrobiota adalah memberikan sinyal untuk tumbuh kembang dan sistem imun tubuh, serta mampu mengendalikan mood dan perilaku si kecil (gut brain axis).

Untuk memastikan mikrobiota ini, pemberian probiotik atau bakteri baik harus diperhatikan. Ariani mengatakan, jumlah bakteri baik yaitu, minimal 80 sampai 85 persen dari bakteri jahat.

"Probiotik yang cukup memastikan kesehatan seseorang, kesehatan spesifik, dan imun tubuhnya," ujar Ariani.

"Nutrisi yang dimakan tidak bisa dicerna tanpa batuan mikrobiota di saluran cerna. Itulah harus memastikan bakteri baik 80 sampai 85 persen, sehingga sistem imun terbentuk dengan baik, dan anak sehat," sambungnya.

Tak cuma probiotik, prebiotik atau makanan bakteri baik juga penting. Prebiotik merupakan zat-zat yang tidak tercerna di usus halus dan akhirnya bertemu bakteri di dalam usus, lalu dicerna probiotik untuk menghasilkan banyak manfaat.

Sumber probiotik

Ariani mengatakan anak harus mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik yang cukup komposisi dan seimbang. Tujuannya agar bakteri baik bisa memetabolisme makanan dan vitamin yang penting.

Contoh makanan mengandung probiotik, yakni kimchi, tempe, dan yogurt. Sementara sumber prebiotik terdapat pada sayuran dan buah-buahan tertentu, seperti apel dan pisang.

Simak juga manfaat luar biasa anak konsumsi buah dan susu, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi