sign up SIGN UP search


parenting

3 Mukjizat Nabi Daud Selain Kitab Zabur yang Penting Diketahui Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 18:40 WIB
religious islamic background of hands of muslim prayer woman with prayer beads in dua praying for allah blessing in mosque caption
Jakarta -

Setiap nabi yang menjadi utusan Allah SWT dikaruniai mukjizat yang menjadi bukti kenabian mereka. Mukjizat tersebut juga memudahkan jalan dakwah yang dilakukan para nabi, tidak terkecuali Nabi Daud AS.

Nabi Daud AS adalah sosok nabi yang terlahir di kalangan Bani Israil dan memiliki garis keturunan dengan Nabi Ibrahim as. Mukjizat Nabi Daud adalah kejadian luar biasa dan sekaligus membuktikan keabsahan dari risalah yang disampaikannya.

Di dalam Al Quran telah tertulis kisah-kisah tentang nabi, termasuk Nabi Daud as. Kisah-kisah yang disampaikan pun selanjutnya dapat dijadikan teladan bagi umat Islam. Lantas, apa saja mukjizat Nabi Daud AS?


Banner Penyebab Preeklamsia Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Mukjizat Nabi Daud AS

Mukjizat Nabi Daud AS yang pertama dan utama adalah diturunkannya Kitab Zabur kepadanya. Kitab yang berisi pujian kepada Allah SWT dan kisah ini pun juga tersurat dalam Q.S. Al Isra ayat 55.

Mukjizat yang diterima Nabi Daud AS ternyata bukan hanya itu, Bun. Karena Nabi Daud ternyata memiliki beberapa mukjizat selain kitab tersebut.

Berikut ini pemaparan 3 mukjizat Nabi Daud AS yang berhasil dirangkum, di antaranya yaitu:

Mukjizat Nabi Daud 1: Mempunyai suara yang merdu

Mukjizat Nabi Daud adalah suara yang merdu dan tidak ada yang pernah mengalahkan kemerduan suaranya. Suara merdunya dipergunakannya untuk membaca kitab Zabur dan bertasbih kepada Allah SWT.

Dikisahkan saat Nabi Daud AS membaca Kitab Zabur, kawanan burung di angkasa menukik turun ke bawah lalu mendengarkan suaranya yang merdu. Suara Nabi Daud yang merdu ini pun membuat kawanan burung turut bertasbih, demikian pula dengan gunung-gunung yang ikut bertasbih di waktu pagi dan sore.

Mukjizat Nabi Daud adalah ini sebagaimana yang tersurat dalam Q.S Shad ayat 18-19 yang artinya, "Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah."

Mukjizat Nabi Daud 2: Melunakkan besi

Kedua, mukjizat Nabi Daud adalah melunakkan besi sebagaimana lilin. Tanpa api atau peralatan Nabi Daud mampu melunakkan besi dan membuat baju besi yang kokoh dengan tenunan bulatan-bulatan rantai yang terjalin berkesinambungan. Baju besi itulah yang digunakan saat perang Thalut.

Mukjizat Nabi Daud ini diceritakan dalam surat Saba ayat 10 yang artinya, "Dan sungguh, telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), 'Wahai gunung-gunung dan burung-burung! Bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud', dan Kami telah melunakkan besi untuknya."

Mukjizat Nabi Daud 3: Mampu mengalahkan Jalut

Jalut adalah raja kafir yang juga menjadi musuh pemimpin Bani Israil raja Thalut. Meski memiliki fisik yang lebih lemah dibanding Jalut, dengan mukjizat yang diberikan Allah SWT, Nabi Daud mampu menumbangkan Jalut yang perkasa dan berperawakan besar.

Bahkan Nabi Daud AS menumbangkan Jalut hanya menggunakan senjata batu. Mukjizat Nabi Daud adalah ini sebagaimana tersurat dalam surah Al Baqarah ayat 251 yang artinya, "Mereka (tentera Talut) mengalahkan tentera Jalut dengan izin Allah dan dalam peperangan itu Daud membunuh Jalut."

Meski dikaruniai mukjizat, Nabi Daud as tidak lantas menjadi takabur atau sombong. Bahkan Nabi Daud AS senantiasa lemah lembut dan rendah hati kepada yang lain. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cerita Deva Rachman mengenai almarhum Syekh Ali Jaber.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!